PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN FORMULATE SHARE LISTEN CREATE (FSLC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Juariah Juariah, Ratna Sari

Abstract

Abstrak: Kemampuan penalaran matematis siswa yang masih rendah. Mengakibatkan masih banyaknya siswa yang pasif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Model pembelajaran kooperatif dengan Formulate Share Listen Create (FSLC) menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan quasi experimental design bentuk nonequivalen control group design terdapat 2 kelas yaitu, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran dengan FSLC dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a)aktivitas guru dan siswa dalam model pembelajaran kooperatif dengan FSLC; (b)perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; (c)sikap siswa terhadap model pembelajaran kooperatif dengan FSLC. Hasil penelitian sebagai berikut: (a)rata-rata aktivitas guru pada ketiga pertemuan adalah 80,56% Sedangkan, rata-rata aktivitas siswa adalah 77,78%; (b)Hasil analisis gain ternomalisasi menggunakan uji ANOVA dua jalur terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan FSLC dan pembelajaran konvensional secara keseluruhan dan terdapat faktor PAM siswa yang berpengaruh kepada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa; (c)Sikap siswa terhadap model pembelajaran kooperatif dengan FSLC sebagian besar siswa memberikan respon positif.

Full Text:

PDF

References

Asmida. 2010. Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Realistik. Tesis. Bandung: UPI. Tidak diterbitkan

Emay, Ade. 2011. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create (FSLC). Tesis UPI Bandung. Tidak diterbitkan

Hake, R.R 1999. Analyzing Change/Gain Scores. [Online]. Tersedia di: www.phsicsIndiana.edu/sdi/analyzingchange-gain.pdf (diunduh tanggal 13 Januari 2014)

Suciyati S, Nenden. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa Mts Melalui Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Group Investigation. Tesis UPI Bandung. Tidak diterbitkan

Sumarmo, Utari. 2012. Bahan Belajar Mata Kuliah Proses Berpikir Matematika Program S2 Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi 2012. Bandung: Tidak Dipublikasikan

Susilawati, Wati. 2012. Belajar dan Pembelajaran Matematika Edisi. Bandung: CV. Insan Mandiri

Tim MKPBM. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI

Refbacks

  • There are currently no refbacks.