Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Strategi Abduktif-Deduktif Pada Pembelajaran Matematika

Ali Shodikin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah menggunakan strategi abduktif-deduktif. Penelitian yang dilakukan merupakan eksperimental dengan desain pretes-postes dan kelompok kontrol tidak acak pada siswa kelas XI di salah satu SMA di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Analisis data penelitian dilakukan secara kuantitatif-kualitatif berdasarkan kategori kemampuan awal matematis (KAM) maupun keseluruhan. Selain peningkatan kemampuannya, dianalisis pula interaksi antara pembelajaran dan KAM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi abduktif-deduktif lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori. Secara lebih rinci dari kategori KAM, hanya pada kategori tengah yang menunjukkan peningkatan yang lebih baik. Sedangkan pada kategori KAM atas dan bawah memiliki peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang sama. Interaksi antara pembelajaran dan KAM dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah tidak menunjukkan hubungan yang signifikan.

This research purpose is to improve the problem solving ability using abductive-deductive strategy. This study is experimental research using a pretest-posttest design with nonrandomized control group in XI class student at one senior high school in Pati, Central Java, Indonesia. Data analysis was performed by quantitative-qualitative analysis based on categories of early mathematical ability and overall. In addition, it also analyzed the interaction between learning and early mathematical ability. The results showed that the improvement of mathematical problem solving abilities in students with abductive-deductive strategy better than those who received the expository learning. More details based on early mathematical ability categories, only the middle category which showed better improvement. While the upper and the under categories have equal improvement. The interaction between learning and early mathematical ability showed no significant relationship to improve problem solving ability.

 

Keywords

strategi abduktif-deduktif; peningkatan; pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References

Aliseda, A. (2007). Abductive Reasoning: Challenges Ahead. Theoria, 60, 261-270.

Arends, R.I. (2008). Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar (Edisi Ketujuh Buku Satu). Penerjemah: Prajitno, H. & Soetjipto, S.M. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azhar, E. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Penalaran, dan Komu-nikasi Matematis Siswa Madrasah Aliyah dengan Pendekatan RME. Tesis SPs Universitas Pendidikan Indonesia.

Baig, S., & Halai, A. (2006). Learning mathematical rules with reasoning.Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 2(2), 15-39.

Darhim. (2004). Pengaruh Pembelajaran Ma-tematika Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Disertasi SPs Universitas Pendidikan Indonesia.

Ditasona, C. (2013). Penerapan Pendekatan Defferentiated Instruction dalam Peningkatan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis Siswa SMA. Tesis SPs Universitas Pendidikan Indonesia.

Ibrahim. (2011). Peningkatan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Pemecahan Masalah Matematis serta Kecerdasan Emosional Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi SPs Universitas Pendidikan Indonesia.

John, G.A., & Thornton, C.A. (1993). Vygotsky Revisited: Nurturing Young Children’s Undersanding of Number. Focus on Learning Problems in Mathematics, 15, 18-28.

Kusnandi. (2008). Pembelajaran Matematika dengan Strategi Abduktif-Deduktif untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Membuktikan pada Mahasiswa. Disertasi SPs Universitas Pendidikan Indonesia.

Ormrod, E.J. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Saragih, S. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dan Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Kemampuan Keruangan, Berpikir Logis dan Sikap Positif terhadap Matematika Kelas VIII. Disertasi SPs Universitas Pendidikan Indonesia.

Shodikin, A. (2013). Abductive-Deductive Strategy: How To Apply It In Improving Student Mathematics Literacy In Junior High School?. International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education, Bandung tanggal 19 Oktober 2013. Universitas Pendidikan Indonesia.

Shodikin, A. (2014). Penerapan Pembelaja-ran Matematika dengan Strategi Ab-duktif-Deduktif terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran, Problem Solving dan Disposisi Matematis Siswa SMA. Tesis SPs Universitas Pendidikan Indonesia.

Sun, Z., Finnie, G. & Weber, K. 2005. Abductive Case Based Reasoning. International Journal of Intelligent Systems, 20(9), 957-983.

Wahidmurni; Mustikawan, A., & Ridho, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Litera.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.