Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis GeoGebra

Bagus Ardi Saputro, Muhammad Prayito, Farida Nursyahidah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media geometri menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbasis GeoGebra. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D Thiagarajan yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan diseminasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi media dari validator 1 mendapat skor 46 atau dalam nilai sangat baik, dan dari validator 2 mendapat skor 45 atau dalam nilai baik. Sedangkan hasil validasi materi dari kedua validator manyatakan bahwa media yang dikembangkan ini sangat baik dengan skor masing-masing 51 dan 50. Media ini dapat menciptakan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, mengeksplorasi khasanah kearifan lokal yang digunakan sebagai konteks pembelajaran yang memenuhi semua karakteristik PMRI dan berbasis GeoGebra.

The aim of this research is to develop geometry media using PMRI approach based on GeoGebra. This research used methodology of research and development (R&D) of four model of Thiagarajan that consist of four step, which are define, design, develop, and disseminate. The result of this research shows that validate of media from the first expert reviewer got score 46 or in other word this media is very good, then score from the second expert reviewer got 45 or in other word this media is good. And the result of validate of material from both expert reviewer is very good by getting score 51 and 50 respectively. The using of this media can create learning process with students center, explore the local wisdom as a context in learning that material that fulfill all of the characteristic of PMRI based on GeoGebra. 

Keywords

Media Pembelajaran; PMRI; GeoGebra.

Full Text:

PDF

References

Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Technipress, Culemborg.

Hohenwarter, M dan Preiner. (2007). Dinamic Mathemtics with GeoGebra. Journal of Online mathematics and its Apllication. Mathematical Association of America. Online di http://www.maa.org/publications

Nursyahidah, F. (2013). Supporting First Grade Students’ Understanding of Addition up to 20 Using Traditional Game. IndoMS. J.M.E. 4(2). 212-223.

Schwartz, J.E. (2014). Why People Difficuly Geometry? Online di http://www.education.com.

Suwaji, U.T. (2008). Permasalahan Pembelajaran Geometri Ruang SMP. P4TK Matematika Yogyakarta. Alamat: http://p4tkmatematika.org.

Tandiling, E. (2010). Implementasi Realistics Mathematics Education di Sekolah. Jurnal Guru Membangun, 25(3)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.