Desain Pembelajaran Materi Luas Permukaan Prisma Menggunakan Pendekatan PMRI bagi Siswa Kelas VIII

Djuwita Trisnawati, Ratu Ilma Indra Putri, B. Santoso

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan lintasan belajar untuk membantu siswa dalam pembelajaran luas permukaan prisma menggunakan kemasan produk di kelas VIII SMP. Penelitian ini berdasarkan PMRI yang dikaitkan dengan pembelajaran Kurikulum 2006/KTSP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research type validation study yang bertujuan untuk membuktikan teori-teori pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 24 Palembang dengan melibatkan siswa kelas VIII yang berjumlah 31 siswa. Aktivitas-aktivitas pembelajaran yang dilakukan siswa meliputi: 1) memahami bentuk dan sifat prisma, 2) menemukan dan memahami konsep luas permukaan prisma, dan 3) menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan luas permukaan prisma. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui serangkaian aktivitas yang telah dilakukan membantu siswa dalam pembelajaran luas permukaan prisma.

This research aimed to produce learning trajectory in learning surface area of prism using product packaging in class VIII. This study was based PMRI associated with learning curriculum 2006 / KTSP. The method used was design research of type validation study that aimed to prove the theories of learning. The research was conducted on 31 students of class VIII SMPN 24 Palembang. Students learning activities that were conducted including: (1) comprehending the shape and the characteristic of prism, (2) finding and comprehending the concept surface area of prism, and (3) solving the problems in daily life related to the surface area of prism. The results of this study indicate that a series of activities can help students in learning surface area of prism.

Keywords

luas permukaan prisma; kemasan produk; pendekatan PMRI; design research

Full Text:

PDF

References

Bonotto, C. (2003). About students’ understanding and learning the concept of surface area. In D. H. Clements & G. Bright (Eds.). Learning and teaching measurement (157-168). Reston: NCTM.

Cavanagh, M. (2008). Area Measurement in Year 7. Educational Studies in Mathematics, 33, 55-58.

CPRE. (2007). Measurement: Student Misconceptions and Strategies for Teaching. New Jersey: PCK Tools.

French, D. (2004). Teaching and Learning education. New York : Continuum.

Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2006). Design Research From A Learning Design Perspective. In J. V. D Akker, K. P. E. Gravemeijer, S. Mckenney, N. Nieven (Eds), Educational Design Research (pp. 17-51). London: Routledge.

Kemendikbud. (2013). Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Kemendikbud.

Kershaw, Jen. (2013). Surface Area of triangular Prisma. Kansas: Flexbook.

Nieveen N., McKenny S., dan Akker. (2006). Educational Design Research: The Value of Variety. In d. Akker, Educational Design Research (p. 152). London: Routledge Taylor and Francis Group.

Soedjadi, R. (2007). Inti Dasar-dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika , 1(2), 1-10.

Sumardyono. (2012). Geometri Ruang. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistic: Suatu Alternative Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yan, B, dan Hamdani. (2013). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan serta Volume Bangun Ruang Sisi Datar di SMP. Jurnal UNTAN, 2(9), 1-11.

Yayuk, W. (2010). Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman sifat-sifat bangun ruang dalam pembelajaran matematika siswa kelas V SDN Bocek 02 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Penelitian Tindakan kelas. Malang: UM.

Zulkardi & Putri. (2006). Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika, artikel dalam Prosiding in Konferensi Nasional Matematika ke-13 (pp. 1-7). Semarang: Indonesia.

Zulkardi. (2009). The "P" in PMRI: Progress and Problems, artikel dalam ICMA Mathematic Education (pp. 773-780). Yogyakarta: IndoMs.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.