Desain Pembelajaran Materi Belah Ketupat Menggunakan Kain Jumputan Palembang untuk Siswa Kelas VII
Abstract
Desain pembelajaran materi belah ketupat menggunakan kain Jumputan Palembang untuk siswa kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penggunaan kain Jumputan Palembang dalam membangun pemahaman siswa mengenai belah ketupat. Siswa akan membandingkan luas daerah dua buah kain Jumputan, merancang dan membuat belah ketupat kemudian menggunting serta menyusunnya kembali menjadi suatu bentuk baru, menentukan luas daerah belah ketupat, membandingkan keliling dua buah kain Jumputan dan menentukan keliling belah ketupat. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas VII SMP Pusri Palembang. Penelitian ini menggunakan design research yang terdiri dari tiga tahap : preparing for the experiment, experiment in the classroom (pilot experiment dan teaching experiment), dan retrospective analysis. Pada tahap preparing for the experiment, beberapa aktifitas dibuat menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Hasil dari penelitian menunjukkan kain Jumputan Palembang dapat digunakan sebagai starting point dalam pembelajaran belah ketupat untuk siswa kelas VII SMP.
The design learning rhombus using kain Jumputan Palembang for VII grade students. This research aims to investigate how to use Kain Jumputan Palembang to build student’s understanding on rhombus. Students were required to comparing the area of two cloths, designing and making rhombus then reshaping to new shapes, determining the area of rhombus, comparing the perimeter of two cloths and determining the perimeter of rhombus. Subjects were 30 first grade students of SMP Pusri Palembang. The study used a design research method consisting of three stages : preparing for the experiment, experiment in the classroom (pilot experiment and teaching experiment), and retrospective analysis. During the preparing for the experiment stage, instructional activities was designing utilizing of Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach. The result of experiments showed that Kain Jumputan Palembang could be used as a starting point by first grade junior high school to learn rhombus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussakir. (2010). Pembelajaran Geometri sesuai Teori Van Hiele. Diakses 19 Desember 2014 pada http://blog.uin-malang.ac.id/abdussakir/2011/03/04/pembelajaran-geometri-sesuai-teori-van-hiele/.
Akker, et al. (2006). Education design research. London: Routledge Taylor and Francis Group.
Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2006). Design research from the learning design perspective. In Van den Akker, J., Gravemerijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N (Eds.), Educational design research. London: Routledge.
Haris, Denny and Putri, Ratu Ilma Indra. (2011). The Role of Context in Third Graders Learning of Area Measurement dalam IndoMS. J.M.E, 2(1). pp.55-66. ISSN 2087-8885
Helsa, Y. & Hartono, Y. (2011). Designing reflection and symmetry learning by using math traditional dance in primary school. Journal on Mathematics Education, Vol.2, No.1, January 2011, hlm. 79 – 94. The Indonesian Mathematics Society.
Madja, M.S. (1992). Perancangan dan Implementasi Perangkat Ajar Geometri SMTA. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta: PPS UI.
Nasrullah & Zulkardi. (2011). Building counting by traditional game: a mathematics program for young children. Journal on Mathematics Education, Vol.2, No.1, January 2011, hlm. 41 – 54. The Indonesian Mathematics Society.
Retnowati, Endah. (2010). Pendidikan matematika realistik: Sebuah tinjauan teoritik. Majalah PMRI/vol. viii No. 3/Juli 2010. Bandung: Institut Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (IP-PMRI).
Sudarman. (2003). Pengembangan Paket Pembelajaran Berbantuan Komputer Materi Luas dan Keliling Segitiga untuk Kelas V Sekolah Dasar. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.
Tim MKPBM. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia
Van de Walle, John. A. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: PT. Erlangga.
Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan matematika realistik: Suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yohanes, R.S. (2010). Teori Vygotsky dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Widya Warta, ISSN 0854-1981, tahun 2010 hal 127-135.
Zainab, Zulkardi, & Yusuf, H. (2013). Desain Pembelajaran Materi Pola Bilangan Dengan Pendekatan PMRI Menggunakan Kerajinan Tradisional Kain Tajung Palembang Untuk Kelas IX SMP dalam Jurnal Edukasi Matematika, Vol. 4, No. 7, Juni 2013. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.