Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa SMP pada materi geometri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian desain didaktis (didactial design research). Penelitian diawali dengan studi pendahuluan untuk mendapatkan data kesulitan belajar (learning obstacle) yang dilaksanakan di SMP Negeri 29 Bandung kelas IXE sebanyak 35 orang, SMA Negeri 1 Lembang kelas XI IPA2 sebanyak 41 orang, dan STKIP Siliwangi Bandung mahasiswa semester VI sebanyak 49 orang pada tahun pelajaran 2011/2012 semester genap. Selanjutnya, dikembangkan desain didaktis yang diujicobakan terbatas kepada 30 siswa kelas VIII B SMP Assalam Bandung. Dari uji coba terbatas dilakukan analisis untuk menyusun desain didaktis revisi. Hasil dari penelitian ini diantaranya perangkat pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran sebelum menggunakan desain didaktis belum dapat menggali kemampuan penalaran matematis, desain didaktis penalaran matematis yang dikembangkan dapat memperkecil gap yang dihadapi siswa, dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap desain didaktis yang dikembangkan.
The background of this research was the lack of junior high school students’ mathematical reasoning in geometry. This research used Didactical Design Research (DDR) method which started by a preliminary study to 35 students of grade IX E Public Junior High School 29 Bandung, 41 students of grade XI Science Program of Senior High School 1 Lembang, and 49 students of Siliwangi College of Education Bandung in semester VI for academic year 2011/2012. The preliminary study was aimed to explore students’ learning obstacles to develep didactical design. The developed didactical design was implemented to 30 students of grade VII B of Assalam Junior High School Bandung. After this implementation the developed didactical design was revised. The results of this research were the learning tools used by previous teacher have not explored mathematical reasoning yet, the developed didactical design had minimized students’ gaps, and students had positive response about the learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adams R & Wu M. (2000). PISA 2000 Technical Report. Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).
Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situation in Mathematics. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
Burger, W.F. & Shaugnessy, M.J. (1986). Characterizing the van Hiele Levels of Development in Geometry. Journal for Research in Mathematics Education, 17(1), 31-48.
Halat, E., Jakubowski, E., & Aydin, N. (2008). Reform-based curriculum and motivation in geometry. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 4(3), 285-292.
Herman, T. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Educationist, 1(1), 47-56.
Sumarmo, U dan Permana, Y. (2007). Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajran Berbasis Masalah. Jurnal Educationist, 1(2), 116-123.
Supriatna. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Pemecahan Masalah pada Luas Daerah Segitiga.
Suryadi. D. (2010). Menciptakan Proses Belajar Aktif: Kajian dari Sudut Pandang Teori Belajar dan Teori Didaktik, Didi Suryadi Official Website. http://didi-suryadi.staf.upi.edu/files/2011/06/MENCIPTAKAN-PROSES-BELAJAR-AKTIF.pdf (diunduh 20 Desember 2011).
Suryadi, D. (2011). Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Didi Suryadi Official Website. http://didi-suryadi.staf.upi.edu/files/2011/06/DIDACTICAL-DESIGN-RESEARCH-DDR.pdf (diunduh 4 Januari 2012).
Suwaji, U.T. (2008). Permasalahan Pembelajaran Geometri Ruang SMP dan Alternatif Pemecahannya. P4TKM Yogyakarta: Depdiknas.
Thompson, J. (2006). Assessing Mathematical Reasoning: An Action Research Project. Michigan State University Official Website https://www.msu.edu/~thomp603/assess%20reasoning.pdf (diunduh 13 Desember 2011).
Warkitri, dkk. (1990). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar. Jakarta: Karunika UT.
Refbacks
- There are currently no refbacks.