Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Konteks Karakter dan Konservasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyusun Proposal Penelitian

Iwan Junaedi, Muhammad Asikin, Masrukan Masrukan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menyusun proposal penelitian pendidikan matematika dengan topik pengembangan karakter dan konservasi pada pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan konteks konservasi dan karakter. Penelitian ini merupakan Penelitian Tidakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika yang mengambil mata kuliah Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Matematika Tahun Akademik 2014/2015. Hasil penelitian diperoleh bahwa  (1) sekurang-kurangnya 72,22% pada siklus pertama, dan 83,33 % pada siklus kedua kinerja mahasiswa dalam menyusun proposal penelitian pendidikan matematika dengan topik karakter dengan kategori baik dan sangat baik, (2)  sekurang-kurangnya 33,33%  dan 72,22% pada siklus kedua kinerja mahasiswa dalam menyusun proposal penelitian pendidikan matematika dengan topik konservasi dengan kategori baik dan sangat baik, dan (3) kesulitan mahasiswa dalam menyusun proposal penelitian dengan topik konservasi antara lain terbatasnya literatur yang mengaitkan matematika dengan konservasi.

The purpose of this study was to describe the increase in students' ability to develop a mathematics education research proposal with character development and conservation topics on learning ap­proach Realistic Mathematics Education (RME) with a conservation context and character. This research is a Classroom Action Research (CAR). The subjects were students of mathematics edu­cation are taking courses Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Matematika on Academic Year 2014/2015. The result showed that (1) at least 72.22% in the first cycle, and 83.33% in the second cycle the performance of students in mathematics education research proposal on the topic of character with good and excellent categories, (2) at least 33.33% and 72.22% in the second cycle the performance of students in mathematics education research proposal on the topic of conserva­tion with good and excellent categories, and (3) the difficulty of students to develop a research proposal to the topic of conservation, among others, the limited literature linking mathematics with conservation.

Keywords

Karakter; Konservasi; RME

Full Text:

PDF

References

Gravemeijer, K. P. E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education: Ontwikkelen Van Realistisch Reken/wiskundeonderwijs. Netherland: CD-[beta] Press.

Gravemeijer, K. (2011). How concrete is concrete? IndoMS Journal on Mathematics Education, 2(1), 1-14.

Marpaung, Y. (2007). Karakteristik PMRI (Pendidikan matematika realistik indonesia). Disajikan pada Penataran dan Lokakarya Widyaiswara Matematika LPMP Angkatan I dan II, di PPPG Matematika Yogyakarta.

Putri, RII. (2012). Implementasi Lesson Study Melalui Pendekatan PMRI pada Mata Kuliah Metode Statistika I. Prosiding KNM XVI Unpad, Jatinangor, 1(1), 450-460.

Sabil, H., & Winarni, S. (2013). Penerapan Pendekatan PMRI untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Geometri Mahasiswa PGSD Universitas Jambi. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).

Sembiring, R. K. (2001, November). Mengapa memilih RME/PMRI. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional tentang Pendidikan Matematika Realistik di USD Yogyakarta.

Sembiring, R. K. (2014). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan Tantangannya. Journal On Mathematics Education,1(01), 11-16.

Subyantoro. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Undip Press

Sukirman. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Perkuliahan Melalui Lesson Study (Suatu Alternatif). Prosiding Seminar Nasional Lesson Study. FMIPA Unnes

Suryanto,dkk. (2010). Pendidikan Matematika Realitik Indonesia (PMRI). Jakarta: IP-PMRI

Uhurata, B., Salajang, S., & Kumesan, S. L. (2014). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Pendidikan Karakter Bangsa dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Persamaan Garis Lurus Siswa SMP Negeri 2 Tondano. JSME MIPA UNIMA, 2(3).

Zulkardi, (2002). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan Permasalahannya. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya, Edisi Khusus Tahun VIII: 651-656.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.