Kemampuan Berpikir Relasional Siswa dalam Mengerjakan Soal Kontekstual dengan Pendekatan Realistik Pada Topik Fungsi Linear

A. Tatak Handaya Kurniawan, M. Andy Rudhito

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir relasional siswa yang masih rendah. Berpikir relasional menjadi salah satu masalah yang menarik dalam pendidikan matematika. Di dalam penelitian ini akan dikaji kemampuan berpikir relasional siswa dalam mengerjakan soal matematika kontekstual pada Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Metode yang digunakan dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII SMP Kanisius Sleman dengan topik materi pembelajaran Fungsi Linear. Data proses berpikir relasional siswa diperoleh melalui soal penyelesaian masalah dan analisis penyajian hasil kegiatan siswa. Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa  siswa mengalami kesulitan untuk berpikir relasional dalam menghubungkan antara masalah kontekstual dalam PMR terhadap materi fungsi linear terlebih pada penyajian data menggunakan grafik fungsi. Siswa belum mampu menggunakan grafik untuk menentukan hasil fungsi pada permasalahan kontekstual. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah siswa lebih sering diberikan soal yang ng dapat merangsang siswa untuk dapat berpikir relasional, sehingga siswa mampu menyelesaikan masalah kontekstual dengan nalar dan membuat pembelajaran lebih bermakna.

This research based on the students’ ability in relational thinking which is still low. Thinking relationaly become one of the interesting problems in learning mathematics. This research will discuss students’ relational thinking ability in doing contextual mathematics problem in Realistic Mathematics Learning. The method which is used in this research is descriptive qualitative. It is done toward 8th grade students of SMP Kanisius Sleman. The topic is Linear Function. The data of relational thinking is obtained through the students’ problem solving on mathematics and the analysis on students’ activities result presentation. This research shows that the students got difficulties to think relationaly to correlate contextual problems on learning toward the linear function material prior to data presentation using graph of function. Students are not able to use the graph to the determine the result of function oncontextual problem. From the research, it suggest that students should have been given more problems which stimulate to think relationaly, so that students are able to solve the contextual problem reasonably and make learning more meanigful.

Keywords

Fungsi Linear; Berpikir relasional; Matematika Realistik

Full Text:

PDF (R1)

References

Blum, W., & Niss, M., (1989). Mathematical Problem Solving, Modelling, Aplications, and Links to Other Subjects – State, Trends and Issues in Mathematics Instruction. Dalam Blum, W. Niss, M. & Huntley, I., (Eds). Modelling, Aplications and Applied Problem Solving: teaching mathematics in a real contexts. Chichester. Ellis Horwoord.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.22 (standar isi), 23(standar kompetensi lulusan), dan 24(Pelaksanaan Permen 22 dan 23).

Doumas, L. A. A., & Hummel, J. E. (2005). Approaches to Modeling Human Mental Representations: What Works, What Doesn’t, and Why. In K. J. Holyoak, & R. G. Morrison (Eds.), The Cambridge Handbook of Thinking and Reasoning. Cambridge: University press.

De Lange, J. (1987). Mathematics, insight and meaning. Utrecht: OW &OC

Freudenthal, H. (1991). Revisiting Mathematics Education. China Lectures. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers. http://www.fi.ruu.nl/

Gravemeijer, K.P.E. (1994). Developing realistic mathematics education. Utrecht: CD-ß Press / Freudenthal Institute

Molina, M., Castro, E., & Ambrose, R. (2005). Enriching Arithmetic Learning by Promoting Relational Thinking. The International Journal of Learning, 12(5), 265-270.

Skemp, Richard R. (1989). Relational understanding and instrumental understanding. Department of education, university of warwick

Slettenhaar. (2000). Adapting Realistic Mathematics Education in the Indonesian Context. Majalah Ilmiah Himpunan Matematika Indonesia (Prosiding Konferensi Nasional Matematika X ITB, 17-20 Juli 2000.

Soedjadi, R. (2006). Dasar-Dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Makalah yang disajikan pada kegiatan workshop di LPMP Surabaya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.