Penggunaan Mathmagic dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode mathmagic dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN No.027688 Binjai T.A 2010/2011 yang barjumlah 35 orang siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan secara kolaborasi dengan guru kelas dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data: observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian mengalami perubahan dilihat dari presentasi jumlah nilai dan rata-rata kelas. Sebelum dilakukan tindakan hanya 5 orang siswa (1,25 %) yang memperoleh hasil yang baik dengan nilai antara 2,80-3,39. Pada siklus I ada 2 orang siswa (5%) memperoleh hasil yang sangat baik dengan nilai antara 3,40 - 4,00, dan 6 orang siswa (15%) memperoleh hasil yang baik dengan nilai antara 2,80 – 3,39. Dengan kata lain meningkat menjadi 20%. Pada siklus II ada 5orang siswa (12,5%) memperoleh hasil yang sangat baik dengan nilai antara 3,40-4,00, dan 27 orang siswa (67,5 %) mengalami perubahan yang memperoleh hasil yang baik dengan nilai antara 2,80-3,39.Berarti telah terjadi peningkatan menjadi 80%.
This research aims to to know whether using mathmagic method can improve the motivation of students in grade 5 at SDN No.027688 Binjai T.A 2010/2011 that barjumlah 35 students. This Class Action research carried out in collaboration with the class teacher in two cycles of. Data collection techniques: observation, tests, note field and documentation. Descriptive data analysis techniques. The results of research experience changes seen from the presentation number of values and the average class. Prior to the action only 5 students (1.25%) who get good results with a value between 2,80-3,39. At cycle I no 2 the students (5%) get very good results with a value between 3.40 - 4.00, and 6 students (15%) get good results with a value between 2.80 - 3,39. In other words rose to 20%. At cycle II is 5students (12.5%) get very good results with a value between 3,40-4,00, and 27 students (67.5%) experience changes that get good results with a value between 2,80-3,39.means there has been increased to 80%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Irawan, A., & Febriyanti, C. (2016). Efektifitas Mathmagic dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
Djamarah, S.B. (2008) Strategi Belajar Mengajar. Edisi Revisi, cet. Ke 2. Jakarta: Rineka Cipta.
Goos, M. (2004). Learning mathematics in a classroom community of inquiry. Journal for research in mathematics education, 35(4), 258-291.
Handojo, B.H. dan Ediati, S. (2005) Math Magic. Jakarta: PT. Kawan Pustaka.
Heruman. (2008) Model pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: Rosda.
Koirala, H. P., & Goodwin, P. M. (2000). Teaching algebra in the middle grades using math magic. Mathematics Teaching in the Middle School, 5(9), 562-566.
Levy, S., & Campbell, H. (2008). Student Motivation: Premise, Effective Practice and Policy. Australian Journal of Teacher Education, 33(5), n5.
Tim MagicMath. (2010). Seri matematika mudah MagicMath100, (Bidang datar, bangun Ruang, dan Konversi satuan). Jakarta: Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.
Williams, K. C., & Williams, C. C. (2011). Five key ingredients for improving student motivation. Research in Higher Education Journal, 12, 1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.