Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbasis Hands-On Activity pada Materi Fluida Dinamis terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Riyan Setiawan Uki(1), Sahrul Saehana(2), Marungkil Pasaribu(3),


(1) FKIP Universitas Tadulako
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif berbasis hands-on activity pada materi fluida dinamis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Palu. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Palu. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Kelas XI IPA 1 dengan jumlah peserta didik sebanyak 27 orang dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 dengan jumlah peserta didik sebanyak 27 orang dipilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis berbentuk uraian berjumlah 8 soal yang telah divalidasi. Setiap unit soal mengukur satu indicator kemampuan berpikir kritis yaitu fokus pada pertanyaan, menganalisis argumen, menilai kredibilitas sumber, membuat kesimpulan secara deduktif, membuat kesimpulan secara induktif, menilai definisi, mendefinisikan asumsi, dan mengambil keputusan dalam tindakan. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan uji statistik, diperoleh rerata skor posttest kelas eksperimen sebesar 78,09 dengan standar deviasi sebesar 15,34 dan kelas kontrol sebesar 69,00 dengan standar deviasi sebesar 15,65. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak untuk menguji perbedaan rerata skor kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil perhitungan diperoleh nilai . Nilai  pada taraf nyata  dan . Hal ini berarti, nilai  berada pada interval penolakan  sehingga  diterima. Secara kuantitaif juga dilakukan uji N-gain dan diperoleh hasilnya untuk kelas eksperimen , dan untuk kelas kontrol . Hasil uji ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran generatif berbasis hands-on activity lebih unggul daripada model pembelajaran generatif. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran generatif berbasis hands-on activity pada materi fluida dinamis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Palu.

Keywords

Model Generatif, Hands-on Activity, Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References

Aini, K., dan Dwiningsih, K. (2014). “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri

dengan Hands- On Minds On Activity untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa pada Materi Pokok Termokimia”. UNESA Journal of Chemical Education. 3, (1), 99-105.

Anderson, L.W. dan Krathwohl, D.R. (Eds). (2010). Kerangka Landasan untuk

Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom, (Terjemahan Agung Prihantoro). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baharudin, dan Wahyuni, S. N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran.

Jogjakarta: Ar-Ruz Media.

Bilgin, Ibrahim. (2006). “The Effects of Hands-on Activities Incorporating A

Cooperative Learning Approach on Eight Grade Students’ Science Process Skills and Attitudes Toward Science”. Journal of Baltic Science Education. 1, (9), 27-37.

Daniel, L. (1993). Inquiry and Concept Formation in The General Chemistry

Laboratory: The Effects of A Constructivist Method of Instruction on College Students’ Conceptual Change, Achievement, Attitude, and Perception. Doctoral dissertation: State University of New York.

Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung : Rosda.

Dewi, K.A.P., dkk. (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap

Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V di gugus VIII Kecamatan Buleleng”. Jurnal. Tidak Diterbitkan

Farouk, A., and Elfateh, A. (2016). “Effectivenes Use Generative Learning Model

Onstrategic Thinking Skills and Learning Level of Basics Offensive Fencing”. Directory of Open Acces Journals. 16, (1), 33-38.

Grawboski, B.L. (2001). Generative Learning Contributions to The Design of

Instruction and Learning. Pennsylvania : Penn State University

Hakim, A.R. (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”. Jurnal Formatif. 4, (3), 196-207.

Hamzah, U. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar

yang Kreatif. Jakarta : Bumi Aksara.

Hofstein, A. and Lunetta, V. N. (2004). “The Laboratory In Science Education:

Foundations for The Twenty-First Century”. Science Education, 88, 28-54.

Hussain, M., dan Akhtar, M. (2013). “Impact of Hands-on Activities on Students’

Achievement in Science : An Experimental Evidence from Pakistan”. Middle-East Journal of Scientific Research. 16, (5), 626-632.

Johnson. (2007). Berpikir Kritis dan Kreatif. Bandung : MLL.

Johnson, E.B. (2014). Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa

Jonassen, D. H. (1985). “Generative Learning vs. Mathemagenic Control of Text

Processing. In D. H. Jonassen (Ed.)”. Technology of text: Vol.2. Principles for structuring, designing, and displaying text (Vol. 2, pp. 9-45). Englewood Cliffs, NJ: Educational Technology Publications.

Jones, M.G., et.al. (2003). “Hands-on Science: The Impact of Haptic Experiences

on Attitudes and Concepts”. In Paper presented at the National Association of Research in Science Teaching Annual Meeting. Philadephia, PA.

Kawashima, N., and Shiomi, K. (2007). “Factors of Thinking Disposition of

Japanese High School Students”. Social Behavior and Personality. 35, (2), 187-194.

Khoiliyah, N. (2006). Penerapan Hands on Activity melalui Strategi Model STAD

Berbasis Wilayah Industri dalam Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Mind on Activity Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Gresik pada Mata Pembelajaran Biologi. [Online]. Tersedia: http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=32300. [10 Agustus 2016]

Lazarowitz, R., and Huppert, J. (1993). “Science Process Skills of 10th Grade

Biology Students in A Computer- Assisted Learning Setting”. Journal of Research on Computing in Education. 25, 366-382

Liliasari. (2002). Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Sains Kimia Menuju

Profesionalitas Guru. [Online]. Tersedia : http://liliasari.staf.upi.edu/ [6 Agustus 2016]

Maknun, J. (2015). “The Implementation of Generative Learning Model on Physics

Lesson to Increase Mastery Concepts and Generic Science Skills of Vocational Students”. American Journal of Educational Research. 3, (6), 742-748.

Mundilarto. (2010). Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: Pusat

Pengembangan Instruksional Sains.

Nitko, A.J. and Brookhart, S.M. (2011). Educational Assessment of Student

(6th ed). Boston: Pearson Education.

Nur, A., (2015). “Penerapan Model Pembelajaran Generative untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Makassar”. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. 3, (1), 1-9.

Pannen. (2001). Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Patmawati, H. (2011). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada

Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Dengan metode Praktikum. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia. Jakarta :Universitas Islam negeri Syarif Hidayatullah.

Pertiwi, H.S., Karim, S., dan Feranie, S. (2013). “Penerapan Hands On Activity

pada Pembelajaran IPA Bertema Operasi LASIK untuk Meningkatkan Literasi Fisika Siswa SMP”, dalam Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2013 (SNIPS 2013). Bandung : Program Magister Pengajaran MIPA ITB.

Poudel, D.D. (2005). “Hands-on Activities and Challenge Tests in Agricultural and

Environment”. The Journal of Environment Education. 36, (4), 10-21.

Renol, A.R., dan Fauzi, A. (2012). Peningkatan Perilaku Berkarakter Dan

Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTsN Model Padang Pada

Mata Pelajaran IPA-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. [Online]. [6 Agustus 2016]

Rosnawati, R., Kartowagiran, B., dan Jailani. (2015). “A Formative Assessment

Model of Critical Thinking in Mathemtics Lerning in Junior High School”. Research and Evaluation in Educational Journal. 1, (2), 186-198.

Sadia, I.W. (2014). Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta

: Graha Ilmu.

Sardiman, A. M.(2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja

Grafindo Persada.

Sarwi, L. (2009). Penerapan Strategi Konflik Kognitif Dan Pemecahan Masalah

Pada Konsep Gelombang Unuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis. [Online]. Tersedia : http://journal.unnes.ac.id/). [4 Agustus 2016]

Sudiarta, I.G. (2008). Membangun Kompetensi Berpikir Kritis melalui Pendekatan

Open Ended. Singaraja : Undiksha.

Sudyana, dkk. (2007). “Efek Model Pembelajaran Generatif terhadap Pemahaman

Belajar Kimia di Kalangan Siswa SMA”. Jurnal Pancaran Pendidikan. 20, (67), 1079-1090.

Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Unal, S. (2008). “Changing Student’s Misconceptions of Floating and Sinking

Using Hands-on Activities”. Journal of Baltic Science Education. 7, (3), 134-144.

Wheatley, G. H. (1991). “Constructivist Perspectives on Science and Mathematics

Learning”. Science Education. 75, 9-21

Wijaya, C. (1995). Pendidikan Remidial. Bandung: Remaja Rosdakarya.

William, J.D. (2011). How Science Works: Teaching and Learning in the Science

Classroom. Chennai: Continuum.

Wulansari, F.N., Adi, A., dan Mucshini, B. (2014). “Penerapan Model

Pembelajaran Generatif dalam Upaya Penigkatan Pemahaman dan Hasil Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun 2013/2014”. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Surakarta. 2, (3), 184-198.

Yuliati, D.I., Yulianti, D., dan Khanafiyah, S. (2011). “Pembelajaran Fisika

Berbasis Hands On Activities untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7, 23-27.

Yustika, N. (2015). Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) disertai

LKS Multirepresentasi dalam Pembelajaran Fisika di SMK Negeri 2 Jember. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika. Jember :Universitas Jember.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License


View My Stats