Profil Miskonsepsi Calon Guru Fisika pada Materi Gerak Harmonik Sederhana

Ea Cahya Septia Mahen(1), Ade Yeti Nuryantini(2),


(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Mata kuliah Fisika Dasar memiliki peran penting, khususnya bagi mahasiswa calon guru Madrasah Aliyah di Program Studi Pendidikan Fisika. Namun, pada perkuliahan yang penting ini masih terdapat mahasiswa yang kesulitan pemahaman karena tidak tahu konsep maupun miskonsepsi. Untuk mengetahui hal tersebut, kami menggunakan teknik CRI (Certainty Response Index) yang dimodifikasi untuk menganalisis kesulitan pemahaman konsep mahasiswa calon guru Fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan desain yang dipilih adalah one shoot case study. Deskripsi dan interpretasi statistik digunakan untuk analisis data. Sampel yang dipilih, yaitu seluruh mahasiswa calon guru di Program Studi Pendidikan Fisika semester 1 tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 90 orang. Berdasarkan teknik CRI yang dimodifikasi pada materi elastisitas dan gerak harmonik sederhana didapatkan kelompok tidak tahu konsep (36,8%) dan miskonsepsi (32,2%) selanjutnya tahu konsep (28,6%) dan sebagian kecil (2,5%) tahu konsep tetapi kurang yakin.

Keywords

Fisika Dasar, Pemahaman Konsep, Certainty Response

Full Text:

PDF

References

Hakim, A., Liliasari, & Kadarohman, A. 2012. Student concept understanding of natural products chemistry in primary and secondary metabolites using the data collecting technique of modified CRI. International Online Journal of Educational Sciences. 4(3), 544–553.

Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E. L. 1999. Misconceptions and the certainty of response misconceptions and the certainty of response index ( CRI ). Physics Education. 34(5), 294–299.

Kazambe, T. 2010. Combining lectures with cooperative learning strategies to enhance learning of natural. chemistry, 19(2), 1–15.

Subayani, N. W. 2016. The profile of misconceptions among science subject student-teachers in primary schools. International Journal of Education and Literacy Studies, 4(2). https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.4n.2p.54

Sugara, Y. D., Sutopo, & Latifah, E. 2016. Kesulitas siswa SMA dalam memahami gerak harmonis sederhana. In Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. 506–512.

Zulfiani, Juanengsih, N., Suwarna, I. P., & Milama, B. 2014. Analysis of student’s misconceptions on basic concepts of natural science through CRI (Certainly of Response Index), clinical interview and concept maps. In Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences. 18–20.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License


View My Stats