Pembelajaran Berbasis Produksi sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Produktifitas Siswa SMK

Nuri Nuri(1), Ani Rusilowati(2),


(1) Pasca Sarjana UNNES Semarang Indonesia SMK Tunas Harapan Pati Indonesia
(2) Pasca Sarjana UNNES Semarang Indonesia

Abstract

Pembelajaran berbasis produksi bagi siswa Teknik Pemesinan SMK Tunas Harapan Pati telah dilakukan sebagai upaya membekali keterampilan berwirausaha dan persiapan siswa memasuki dunia kerja serta mengantisipasi pemutusan hubungan kerja. Pembelajaran berbasis produksi dilakukan dengan cara penugasan produksi alat teknologi rekayasa. Pembelajaran fisika berbasis produksi dilaksanakan empat tahapan yakni tahap perencanaan disain, persiapan kerja, poses produksi, penilaian produk. Penugasan melalui beberapa tahap yakni tahap perencanaan disain, persiapan kerja, produksi, penilaian produk. Pembelajaran  fisika berbasis produksi dapat meningkatkan nilai rata-rata aspek produktifitas dan akuntabilitas sebelum pembelajaran proyek adalah 80,00  setelah pembelajran proyek nilai rata-ratanya menjadi 87,00 dengan N-gain 0,36. Nilai rata-rata desain siswa adalah 90,25 termasuk dalam kriteria sangat kompeten. Nilai rata-rata produk hasil produksi siswa adalah 84,33 termasuk dalam kriteria kompeten. Pembelajaran  fisika berbasis produksi mampu meningkatkan keterampilan produktifitas siswa SMK.

Keywords

PJBL, TTG, life skills, scientific attitude profile,

Full Text:

PDF

References

Arnyana, I. B. P. 2006. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif pada pelajaran biologi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, 3(6).

Astuti, W. P., Prasetyo, A. P. B., & Rahayu, E. S. 2012. Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Berbasis Literasi Sains pada Materi Sistem Ekskresi. Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(1).

Badan Pusat Statistik BPS, 2016. Berita Resmi Statistik. https://www.bps.go.id. (diakses 10 Desember 2016).

Kurniasih, I., & Sani, B. 2013. Impelmentasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. 2016. Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21?. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48-55.

Murti, K.E. 2013. Pendidikan Abad 21 Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Untuk Paket Keahlian Desain Interior. Artikel Kurikulum 2013 SMK.

Murti, K.E. 2015. Pendidikan Abad 21 Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Di SMK. Artikel www. Pendidikan Abad 21. (diakses 2 januari 2016).

Prayitno, W. 2009. Implementasi Project Based Learning Dalam Pembelajaran Abad 21 Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V SD N Jetis II Nglora. Best practice. (diakses 12 februari 2017).

Sofyan, H. 2006. Implemetasi Pembelajaran Berbasis Proyek pada Bidang Kejuruan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2).

Zubaidah, S., 2016. Keterampilan Abad ke 21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. In Makalah disampaikan pada Seminar Nasional dengan Tema Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21 di STKIP Perdana Katulistiwa Sinta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License


View My Stats