Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Praktikum Asas Black Berbasis Problem Based Learning dan Berbantuan Makromedia Flash

Sriatun Sriatun(1), Ellianawati Ellianawati(2), Wahyu Hardyanto(3), Isna Lukluil Milah(4),


(1) Semarang State University
(2) 
(3) 
(4) 

Abstract

Pembelajaran di dalam laboatorium membantu siswa dalam mengasah keterampilan mereka menemukan masalah yang ada dalam pembelajran. Siswa dapat berperan aktif dalam pelaksanaan praktikum dan dapat mengobservasi masalah apa yang terjadi serta menemukan cara penyelesaian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kreatif peserta didik SMK Cordova Margoyoso setelah diterapkan model Problem Based Learning (PBL) dalam praktikum asas black menggunakan makromedia flash. Hasil analisis menggunakan skor rata-rata tes pre test awal sebesar 17,25 dan skor rata-rata post tes akhir sebesar 33,85. Berdasarkan hasil yang diperoleh, disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning dalam praktikum asas black menggunakan makromedia flash. Model Problem Based Learning dalam praktikum asas black menggunakan makromedia flash mengharuskan siswa aktif dan membiasakan untuk berpikir kreatif. Model ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mampu menyelesaikan masalah dengan cara yang fleksibel dan mempunyai alasan mengapa memilih cara tersebut (elaborasi).

Keywords

Problem Based Learning, makromedia flash, berfikir kreatif

Full Text:

PDF

References

Awang, Halizah dan Iskhak Ramly. 2008. Creative Thinking Skill Approach Through Problem-Based Learning: pedagogic and Practice in the Engineering Classroom. International Journal of Education and pedagogical science. 2 (4).

Baker, A. R., dkk. (2017). Effects of Teacher Framing on Student Engagement During Collaborative Reasoning Discussions. Contemporary Educational Psychology,Interdisciplinary Journal of Problem Based Learning, 1(2), 49 – 69.

Chasanah. 2016. Efektifitas Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Kalor Kelas X SMAN 1 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7. 19-24.

Fasco, Daniel Jr. 2001. Education and Creativity. Journal of Creative Research, 13(3&4) 317-327.

Isti, Sofiatun N. D., & Suryanti. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. JPGSD, 01(02) 1-14.

Izmaimuza. 2012. Kemampuan Berpikir kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Teknologi, 63(2) 33-37

Meltzer, D. E. 2002. Relationship between Mathematics Preparation Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible “Hidden Variable†in Diacnostic Pretest Score. American Journal of Physics. 70(12) 1259-1268.

Mustsfit, Nurul. 2007. Implementasi Problem Solving Labolatory Sebagai Model Kegiatan Labolatorium Berbasis Inquiry untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep keseimbangan Benda pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Semester II Tahun Ajaran 2007/2008. Universitas Negeri Semarang. Semarang

Nuriyanah, Siti. 2015. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Praktikum Sederhana. Universitas Negeri Semarang. Semarang

Rahmawati, L. (2016). Sosialisasi Implementasi Gerakan Literasi Sekolah. Kuala Kapuas: GLS

Saputra. 2014. Pengaruh Problem Based-Learning Menggunakan Praktikum Alat Sederhana Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 7 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). 2(2).

Sumarli, Nugroho, S. E., Yulianti, I. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berpendekatan Inquiri terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Phys. Comm. 2 (1) 63-69

Susanto, J., Sarwi & U. Nurbaiti. (2013). Keefektifan Pemanfaatan Media Simulasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterlibatan Belajar Siswa. Unnes Physics Education Journal, 2(2) 8 – 12.

Uki R. S., Saehana S., Pasaribu M. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbasis Hands-on Activity pada Materi Fluida Dinamis terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Phys. Comm. 1 (2) 6-11.

Waldrip, B., V. Prain, & J. Carolan. (2006). Learning Junior Secondary Science through Multi-Modal Representations. Electronic Journal of ScienceEducation, 11(1) 87 – 107.

Widayanto. 2009. Pengembangan Keterampilan Proses dan Pemahaman Siswa Kelas X melalui KIT Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia,(5)1-7.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License


View My Stats