Contextual Learning By Using Batik Semarangan for Improving Students’ Learning Achievement
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) 
(3) 
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriansyah, E. H. 2020. Mengembangkan Sikap Positif dan Pemahaman Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Demonstrasi atau Field Trip. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan,9(1).
Asmaniar & Ahmad.2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Materi Kegiatan Pokok Ekonomi Di Kelas Vii Smpn 2 Kuta Blang. Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi,5(1).
Dazrullisa & Hadi, K. 2018. Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar. BINA GOGIK,5(2).
Fuadi, T. M., Adlim, A., & Sabri, M. 2015. Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Sikap Siswa MAN Darussalam Aceh. Biotik, 1(1), 46-50.
Harefa, A. R. 2019. Peran Ilmu Fisika Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Warta,60.
Katimo, K., Suparmi, S., & Sukarmin, S. 2016. Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar dan Kreativitas Ditinjau Dari Sikap Ilmiah. Inkuiri, 5(2), 87-93.
Lubis, N. C. P. 2021. Analisis Kemampuan Penalaran dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Alat Peraga. Masters thesis. UNIMED
Murniawati, N. W., Sune, N., & Zainuri, A. 2015. Hubungan Antara Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa. KIM Fakultas Matematika dan IPA, 3(3).
Na’am, M. F. 2018. Kearifan Lokal Motif Batik Semarang Sebagai Ide Dasar Model Kreatif Desain Kaus Digital Printing. Teknobuga,6(1).
Ninawati, M. 2020. Potensi Penerapan Nilai-Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Math-UMB.EDU,7(2).
Nugraha, A. J., Suyitno, H. & Susilaningsih, E. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Ketrampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. JPE, 6(1).
Permendiknas. 2006. No 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Rakhmatika, E. 2021. Analisis Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang Mekanik. OSF. https://doi.org/10.31219/osf.io/sbuvh
Ramdani, E. 2018. Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal-Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial,10(1).
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Ed. 2. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.
Sarah, S & Maryono. 2014. Keefektivan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal dalam Pembelajaran Fisika SMA dalam Meningkatkan Living Values Siswa, Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 2(1).
Sekarpratiwi, K. F., Putra, N. M. D. & Yulianto, A. 2018. Analisis Kemampuan Representasi Diagram Bebas Benda pada Materi Hukum Newton. Unnes Physics Education Journal (2).
Shufa, N. K. F. 2018. Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan,1(1).
Subekti, D. W., Syakir, & Mujiyono. 2019. Pengembangan Desain Motif Batik Semarang Pada Unit Usaha Batik Figa Semarang. Eduarts,8(3).
Suliyati, T. & Yuliati, D. 2019. Pengembangan Motif Batik Semarang Untuk Penguatan Identitas Budaya Semarang. Jurnal Sejarah Citra Lekha, 4(1).
Utaminingsih, S., Utomo, S. & Zamroni, E. 2017. Trengthening Of Indonesian Islamic Character Though Islamic Education Management Based Of Soft Skills. ADDIN,11(1).
Wirdati & Sulaiman. 2018. Azas-Azas Pembelajaran Kontekstual dalam Perspektif Islam. Jurnal Ta’di, 21(1).
Yulianti, D., Lestari, M. & Yulianto, A. 2010. Penerapan Jigsaw Puzzle Competition dalam Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education) 6(2).
Yulianti, A. & Ramdhan, B. 2020. Eksperimentasi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands-On terhadap Kemampuan Psikomotor. Report of Biological Education,1(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License