Penilaian E-Modul Interaktif Berbasis Sigil Software pada Materi Pola Draping Rok

Shally Sabila(1), Vivi Radiona Sofyani Putri(2), Esty Nurbaity Arrsyi(3),


(1) Program Studi Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
(2) Program Studi Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
(3) Program Studi Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian media pembelajaran berupa e-modul pada materi pola draping rok berbasis sigil software yang ditinjau berdasarkan aspek materi dan aspek karakteristik e-modul. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitaif pre-eksperimental dengan desain one-shot case study. Penelitian ini dimulai dari tahap persiapan penelitian hingga tahap pembuatan kesimpulan terhadap penilaian e-modul yang telah dilakukan uji kelayakan oleh panelis ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-modul draping yang dibuat dengan menggunakan sigil software pada mata kuliah draping berdasarkan aspek materi memperoleh persentase 92,1% dan pada aspek karakteristik sebesar 87,1%. Secara keseluruhan, E-Modul Interaktif Pola Draping Rok berbasis Sigil Software memperoleh penilaian 89% dan dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah draping.

Keywords

penilaian; e-modul; sigil software; pola rok; teknik draping.

Full Text:

PDF

References

Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Amaden, C. (1998). The Art of Fashion Draping (Second). New York: Fairchild Publications.

Blair, J. E. (1992). Fashion Terminology. New York: Prentice Hall.

BSNP. (2017). Standar Penulisan Buku Ajar. Jakarta: BSNP.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Depdiknas. (2008). Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Hargrove, & Poteet. (1984). Assessment in Special Education: The Enducation Evaluation. Englewood Cliffs: Prentice Hall.

Hidayat, R. (2017). Pemanfaatan Sigil Untuk Pembuatan E-Book (Electronic Book) dengan Format Epub. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 3 (1).

Jaffe, H., & Relis, N. (2012). Draping for fashion design (5th ed.). U.S: Prentice Hall.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mardapi, D. (2017). Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan (edisi revi; D. Mardapi, Ed.). Yogyakarta: Parama Publishin.

Muliawan, P. (2018). Konstruksi Pola Busana Wanita. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Nurmayanti, Bakri, F., & Budi, E. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Fisika Dengan Strategi Pdeode Pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas Untuk Siswa Kelas XI SMA. SNIPS 2015.

Prastya, A. (2016). Strategi Pemilihan Media Pembelajaran Bagi Seorang Guru. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagaman, Vol. 17, 188–198.

Soekarno. (2009). Buku Penuntun Membuat Pola Busana Tingkat Dasar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suarsana, I. ., & Mahayukti, G. . (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahana Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal ISSN.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widjiningsih, Sugiyono, & Gafur, A. (2014). Efektivitas dan Efisiensi Pembelajaran Teknik Draping Berbantuan Video di Perguruan Tinggi. Cakrawala Pendidikan.

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 15.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.