Efektivitas Model Pembelajaran Collaborative Teamwork Learning (CTL) Berbasis Praktikum pada Mata Kuliah Rias Fantasi untuk Meningkatkan Softskill Mahasiswa

Sofia Daniati(1), Nurulisma Saputri(2), Zeptyeranosa Gatrimananda(3),


(1) Program Studi Tata Rias, AKS Ibu Kartini Semarang
(2) Program Studi Tata Rias, AKS Ibu Kartini Semarang
(3) Program Studi Tata Rias, AKS Ibu Kartini Semarang

Abstract

Perguruan tinggi tentu memiliki keinginan untuk menghasilkan lulusan berkualitas, kompeten serta dapat diterima di dunia kerja yang dapat terwujud  jika perguruan tinggi mementingkan kompetensi hard skill dan soft skill. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model CTL berbasis praktikum untuk meningkatkan soft skill mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian pre-experimental designs dengan rancangan one group pre test dan post test design. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan angket yang dilakukan sebelum dan sesudah penerapan model CTL. Variabel yang diamati yaitu kemampuan soft skill teamwork mahasiswa. Perbedaan rerata skor soft skill mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan model CTL  dihitung menggunakan Uji Paired T-Test. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa nilai probabilitas (Asymp.Sig) < 0.05 maka HO ditolak, artinya terdapat perbedaan nilai pre-test dan post-test sebelum dan sesudah penerapan model. Hasil nilai uji gain pada indikator forming dan performing indeks gain > 0,7 sehingga hasil peningkatan relatif “tinggi”, sedangkan pada indikator  storming dan norming indeks gain < 0,07 sehingga hasil peningkatan relatif “sedang”. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa melalui model CTL, mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan hard skill dan soft skill sehingga mahasiswa menjadi lulusan yang kompeten, kreatif dan dapat bekerjasama dengan baik pada saat terjun ke dunia kerja.

Keywords

Collaborative Teamwork Learning; berbasis praktikum; soft skill.

Full Text:

PDF

References

Anawati, S., & Isnaningrum, I. (2019). Model Pembelajaran Collaborative Learning tipe Reciprocal Teaching pada Pembelajaran Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Bakara, T., & Hutahayan, R. (2021). Penerapan Belajar Kelompok Pada Pelajaran IPA Terpadu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 615-622.

Desi Setiawati, M. (2021). PENGARUH SOFT SKILL DAN HARD SKILL TERHADAP KESIAPAN KERJA LULUSAN SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI DI MASA PANDEMI COVID 19. SJEE: Scientific Journals of Economic Education, 5(1), 23-35.

Frances, M. (2008). Stages of group development–a PCP approach. Personal Construct Theory & Practice, 5, 10-18.

Ginting, S. U. B., Sembiring, M. F., & Agustinawati, A. (2020). PENGARUH BELAJAR KELOMPOK PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI SMKS-PP PUTRA JAYA STABAT KABUPATEN LANGKAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(2), 77-83.

Kurnia, S., & Ganeswara, G. M. (2021). Penerapan Metode Diskusi Dilema Moral dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 385-394.

Prasetyo, E., Haruna, H., & Mapparenta, S. (2022) Implementasi Pembelajaran Praktikum Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMKN 2 Tanah Grogot. Jurnal Profesi Kependidikan, 3(1 Apr).

Robles, M. M. (2012). Executive perceptions of the top 10 soft skills needed in today’s workplace. Business communication quarterly, 75(4), 453-465.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal Varidika, 30(1), 79-83.

Seetha, N. (2014). Are soft skills important in the workplace?-A preliminary investigation in Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 4(4), 44.

Shuayto, N. (2012, July). The case for soft-skills development in MBA programs. In Global Conference on Business & Finance Proceedings (Vol. 7, No. 2, p. 58). Institute for Business & Finance Research.

Siregar, E., & Yudiani, W. (2020). PRAKTIK BERORIENTASI SOFT SKILLS DENGAN PENDEKATAN INDUSTRIAL CULTURE BASED GEMBA KAIZEN MODEL. Jurnal Manajemen, 4(2), 61-70.

Sriati, Y. I., Ningsih, A. N. T., Sofiandira, V. T., & Fauzi, A. (2021). Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MI Darul Ulum Genengan. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 192-197.

Sudana, I. M. & Apriyani. D. (2019). The Role of Soft Skills in Improving the Competence of Graduates for Entering the Working World. In International Conference Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Indonesia (APTEKINDO).

Yusriadi, Y. (2022). Kajian Implementasi Outbound Management Training Dalam Upaya Peningkatan Soft Skills Aparatur Sipil Negara (ASN) Di Kota Pekanbaru. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 13(3), 228-241.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.