Efektivitas Influencer dalam Meningkatkan Brand Equity Produk Fashion Hijab di Instagram Butik Jenneira Scarf Semarang

Noor Laila Ramadhani(1), Setya Indah Isnawati(2),


(1) Program Studi S1 Pendidikan Vokasional Desain Fashion, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Komputer, Universitas Ngudi Waluyo, Ungaran, Indonesia
(2) Program Studi S1 Pendidikan Vokasional Desain Fashion, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Komputer, Universitas Ngudi Waluyo, Ungaran, Indonesia

Abstract

Dalam ranah digital marketing, saat ini dikenal dengan adanya influencer yang menjadi strategi para pelaku usaha dalam pemasarannya. Salah satu jenis bisnis yang memanfaatkan influencer ini adalah fashion hijab. Pelaku bisnis online yang menggunakan strategi pemasaran influencer ini adalah Butik Jennaira Scraf Semarang. Penggunaan influencer ini diyakini oleh pemilik butik dapat meningkatkan brand equity di media sosial Instagramnya. bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifkah penggunaan influencer untuk meningkatkan brand equity di Butik Jennaira Scarf; serta untuk mengetahui dan menganalisis tingkat perhatian konsumen pada penggunaan influencer di Instagram Butik Jennaira Scarf. Metode yang digunakan yaitu menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan obsevasi, wawancara langsung, dokumentasi dan referensi literatur. Terdapat 7 informan secara keseluruhan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan influencer sangat efektif bagi Jennaira Scarf, terbukti dari konsumen yang berulang kali membeli, ketertarikan konsumen dari konten influencer, dan mempersuasi calon konsumen. Hasil penelitian juga mengacu pada ekuitas merek (brand equity) terhadap trend fashion hijab oleh Jennaira Scarf, di mana dikatakan efektif dengan penggunaan influencer. Dibuktikan dengan komponen ekuitas merek yang sudah cukup, antara lain brand awareness (kesadaran merek), brand association (asosiasi merek), perceived quality (persepsi kualitas), dan brand loyality (loyalitas merek).

Keywords

Influencer; Instagram; Brand Equity; Fashion Hijab

Full Text:

PDF

References

Ada 91 Juta Pengguna Instagram di Indonesia Mayoritas Usia Berapa? Pada https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/15/ada-91-juta-pengguna-instagram-di-indonesia-mayoritas-usia-berapa akses pada 16 April 2022

Agusli, D. (2013). Analisa pengaruh dimensi ekuitas merek terhadap minat beli konsumen Midtown Hotel Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-8.

Andrews, J. C., & Shimp, T. A. (2017). Advertising, promotion, and other aspects of integrated marketing communications. Cengage Learning.

Asmita, D., & Erianjoni, E. (2019). Perilaku Konsumtif Mahasiswi dalam Mengikuti Trend Fashion Masa Kini (Studi Kasus Mahasiswi Sosiologi FIS UNP). Jurnal Perspektif, 2(2), 91-96.

Bungin, Burhan. (2014). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Ellora, D. (2019). Mengenal Berbagai Jenis Influencer di Media Sosial. Retrieved from https://journal.sociolla.com/lifestyle/mengenal-influencer-media-sosial

Handayani, M. T. (2020). Pentingnya Brand Equity dan Cara Efektif Membangunnya. Ekrut Media. https://www.ekrut.com/media/brand-equity

Hanindharputri, M. A., & Putra, I. K. A. M. (2019, September). Peran Influencer dalam Strategi Meningkatkan Promosi dari Suatu Brand. In Sandyakala: Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, dan Desain (Vol. 1, pp. 335-343).

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh influencer marketing sebagai strategi pemasaran digital era moderen (Sebuah studi literatur). Eksekutif, 15(1), 133-146.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15thn Edition New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Lubis, A. I. F. (2019). Implementasi Model Pengembangan Industri Halal Fashion Di Indonesia. JEpa, 4(2), 9-19.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi.

Riama, C. O. (2021). Peran influencer dalam proses electronic word of mouth untuk meningkatkan persepsi merek. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 156-175.

Sugiharto, S. A., Ramadhana, M. R., Psi, S., & Psi, M. (2018). Pengaruh kredibilitas influencer terhadap sikap pada merek (studi pada mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom). Jurnal ilmu politik dan komunikasi, 7(2).

Susilowati, S. (2018). Pemanfaatan aplikasi Tiktok sebagai personal branding di instagram (studi deskriptif kualitatif pada akun@ bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176-185.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.