PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 3 SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

  • Dina Ayu Widyastuti Universitas Negeri Semarang
  • Asep Ginanjar Universitas Negeri Semarang
Keywords: Video Learning Media, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 3 Semarang. Hal ini terjadi karena faktor dari proses penyampaian materi yang hanya menggunakan metode ceramah, sehingga hal ini menciptakan proses pembelajaran kurang menarik sehingga banyak peserta didik yang tidak fokus belajar. Maka peneliti berupaya memilih media pembelajaran berbasis video dalam penelitian untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPS peserta didik menggunakan media video dan kendala penggunaan media pembelajaran peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Semarang. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII SMP N 3 Semarang melalui pembelajaran Media video mengalami peningkatan yang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

 

This research is motivated by the problem of low student learning outcomes in Social Science subjects at SMP Negeri 3 Semarang. This happens because of the factor of the process of delivering material that only uses lecture material, so the learning atmosphere often makes students bored, monotonoun and many pay less attention. So the researchers tried to choose video-based learning media in learning activities, so that students are more active, interesting and fun. The purpose of the study was to effect in social studies learning outcomes of students who were taught using video media and the constraints on using learning media for class VIII SMP Negeri 3 Semarang students. The type used in this study is a quasi-experimental sampling technique with purposive sampling technique. The data analysis technique used SPSS 26. Based on the results of the study, it can be concluded that the social studies learning outcomes of class VIII students of SMP N 3 Semarang through video media learning have increased which have an effect on student learning outcomes.

Published
2023-08-07

Most read articles by the same author(s)