PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA TERINTEGRASI GUIDED INQUIRY UNTUK ANALISIS KETERAMPILAN LABORATORIUM

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aulia Parahita
Endang Susilaningsih
Supartono Supartono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Praktikum Siswa (LKPS) terintegrasi guided inquiry yang efektif untuk meningkatkan keterampilan laboratorium dan hasil belajar siswa. Penelitian dirancang dengan desain Research and Development. Desain ini menggunakan 4-D Models yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Metode penelitian dilakukan dengan metode wawancara, metode observasi, metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa LKPS dinyatakan telah memenuhi aspek didaktik, aspek konstruksi, dan aspek teknik sehingga valid digunakan untuk pembelajaran dengan rerata skor validasi sebesar 66 dari skor total 76 dengan kriteria sangat valid. LKPS dinyatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan laboratorium dan hasil belajar siswa karena lebih dari 24 siswa dari jumlah siswa subjek penelitian setiap kelas mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal pada tes soal evaluasi dan keterampilan laboratorium siswa mendapatkan predikat baik. Simpulan yang diperoleh adalah LKPS terintegrasi guided inquiry untuk analisis keterampilan laboratorium siswa SMA materi buffer-hidrolisis dinyatakan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran kimia.


Kata kunci: Guided Inquiry; Keterampilan Laboratorium; LKPS.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##