PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUMON BERBANTUAN MEDIA POSTER BERVISI SETS TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Waris Tiyanto
Ahmad Binadja
Nurwachid Budi Santoso

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kumon berbantuan media poster bervisi SETS dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap pencapaian kompetensi siswa terkait kelarutan dan hasil kali kelarutan. Desain penelitian yang digunakan control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pada kelas eksperimen digunakan model pembelajaran kumon berbantuan media poster bervisi SETS, dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran berbantuan media poster bervisi SETS. Rata-rata hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut 82,97 dan 75,29. Sedangkan ketuntasan klasikal berturut-turut sebesar 34 dari 38 siswa dan 27 dari 38 siswa. Peningkatan pencapaian kompetensi kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Nilai uji normalized gain kelas eksperimen sebesar 0,57 dan pada kelas kontrol nilai uji normalized gain sebesar 0,37. Uji korelasi diperoleh harga koefisien biserial sebesar 0,28. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran model pembelajaran kumon berbantuan media poster bervisi SETS berpengaruh positif terhadap pencapaian kompetansi siswa terkait kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan memberikan kontribusi sebesar 28%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Abdurrahman, Mulyono. dkk. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ahmad, Rohani. 1997. Media Instrukstional E Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta : Bumi Aksara.
Akinoglu, O. & Tandogan, R,O. 2007. The effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on students’ academic achievement, attitude and concept learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education3(1): 71-81.
Anni, C.T., A. Rifa’i, E. Purwanto, & D. Purnomo. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.
Arsyad, 2002. Pengertian Media. (http://elearning.unesa.ac.id/tag/media-adalah) Di akses pada 29 Februari 2012).
Binadja, A. 1999. Cakupan Pendidikan SETS Untuk Bidang Sains dan non Sains (SETS [Science, Environment, Technology, and Society] Education Coverage for Science and Non Science Major Its Practice in Instruction). Paper presented in National Seminar Workshop on SETS Education. Semarang 14-15 Desember 1999
. 2000. Wawasan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Dalam Pengembangan Kurikulum Sains. Semarang: Laboratorium SETS Unnes Semarang.
- . 2005a. Pedoman Praktis Pengembangan Silabus Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2004 Bervisi dan Berpendekatan SETS. Unnes, Semarang. Desember 2005
. 2005b. Pedoman Praktis Pengembangan Rencana Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2004 Bervisi dan Berpendekatan SETS. Unnes, Semarang. Desember 2005
Bliss, C., & Lawrence, B. 2009. Is the whole greater than the sum of its parts?A comparison of small group and whole class discussion board activity inonline courses. Journal ofAsynchronous Learning Networks, 13(4): 25-39.
Lathifa, U. 2012. “Pengaruh penerapan motode kumon berpendekatan inkuiri berbantuan media chemoedutainment terhadap hasil belajar materi pokok larutan asam dan basa di SMA Negeri 4 semarang.”. Skripsi. Semarang: FMIPA Unnes.
Pusat Bahasa Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Russel, Nancy Ukai. 2006. Teaching and learning in Japan. Cambridge Journal, 24(16):248-271
Sonia, L.,& Charo, R. 2005. Efectiveness of cooperative learning fostered by working with WebQuest.Eduacation and Psychology.5(3) : 731 – 756
Sudjana. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan V. Bandung: Sinar Baru Glasindo.
. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka
Triyanto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.
Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.