KEEFEKTIFAN PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penilaian portofolio terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi koloid. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA N 1 Ambarawa. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study dengan kelas eksperimen diambil secara cluster random sampling. Penilaian portofolio dikatakan efektif jika proporsi ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen minimal mencapai 75% dengan ketuntasan belajar individu 73. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik dari tugas portofolio pada kelas eksperimen yaitu 82,51. Penilaian portofolio pada kelas eksperimen memenuhi KKM 73 dan memenuhi ketuntasan klasikal 75%, dengan persentase ketuntasan klasikal kelas eksperimen sebesar 97,22%. Hasil analisis proporsi ketuntasan klasikal dengan uji z pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan penerapan penilaian portofolio pada pembelajaran materi koloid mampu mencapai ketuntasan belajar klasikal. Hasil rata-rata persentase angket tanggapan pesera didik terhadap penilaian portofolio sebesar 80,3% dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penilaian portofolio efektif dalam pemahaman konsep peserta didik kelas XI IPA SMA N 1 Ambarawa pada materi koloid.
Kata kunci : keefektifan; koloid; pemahaman konsep; penilaian portofolio