KEEFEKTIFAN PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tekad Putri Wandansari
Sri Wahyuni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penilaian portofolio terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi koloid. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA N 1 Ambarawa. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study dengan kelas eksperimen diambil secara cluster random sampling. Penilaian portofolio dikatakan efektif jika proporsi ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen minimal mencapai 75% dengan ketuntasan belajar individu 73. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik dari tugas portofolio pada kelas eksperimen yaitu 82,51. Penilaian portofolio pada kelas eksperimen memenuhi KKM 73 dan memenuhi ketuntasan klasikal 75%, dengan persentase ketuntasan klasikal kelas eksperimen sebesar 97,22%. Hasil analisis proporsi ketuntasan klasikal dengan uji z pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan penerapan penilaian portofolio pada pembelajaran materi koloid mampu mencapai ketuntasan belajar klasikal. Hasil rata-rata persentase angket tanggapan pesera didik terhadap penilaian portofolio sebesar 80,3% dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penilaian portofolio efektif dalam pemahaman konsep peserta didik kelas XI IPA SMA N 1 Ambarawa pada materi koloid.

Kata kunci : keefektifan; koloid; pemahaman konsep; penilaian portofolio

##plugins.themes.academic_pro.article.details##