PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DENGAN PENDEKATAN KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KOLOID
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Dengan metode pembelajaran yang bervariasi, siswa akan tertarik sehingga tugas guru dalam menyampaikan materi menjadi lebih mudah, dan tujuan pembelajaran dapat dicapai. Di SMA Negeri 1 Rawalo, ketuntasan klasikal siswa dalam menguasai materi kimia kurang dari 85%, sedangkan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) di sekolah tersebut untuk mata pelajaran kimia yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh penerapan metode role playing dengan pendekatan konsep terhadap hasil belajar koloid siswa. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 1 Rawalo tahun pelajaran 2012/2013. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest and postest group design. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode role playing dengan pendekatan konsep dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ceramah dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dan peningkatan yang signifikan metode role playing dengan pendekatan konsep terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh penerapan metode role playing dengan pendekatan konsep terhadap hasil belajar siswa 48,58%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan metode role playing dengan pendekatan konsep pada materi koloid memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Rawalo