Pengaruh Student Facilitator and Explaining dengan Roda Impian Terhadap Hasil Belajar Siswa
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh student
facilitator and explaining dengan media roda impian berisi question card terhadap
hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random
sampling dan diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 2
sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu
observasi, dokumentasi, posttest dan angket. Uji hipotesis yang dilakukan yaitu uji
perbedaan dua rata-rata, analisis pengaruh antar variabel dan koefisien
determinasi. Hasil uji perbedaan dua rata-rata nilai posttest t hitung 4,194 lebih besar
dari t tabel 1,995 dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 74. Hal ini
menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas
kontrol. Analisis pengaruh antar variabel menghasilkan nilai korelasi biserial
sebesar 0,55. Perhitungan koefisien determinasi menunjukkan student facilitator
and explaining dengan media roda impian berisi question card berpengaruh
sebesar 30,25% terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis lembar observasi
menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa aspek afektif dan psikomotorik kelas
eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil analisis angket
diperoleh tanggapan positif siswa terhadap proses pembelajaran. Berdasarkan
hasil penelitian, disimpulkan bahwa model student facilitator and explaining dengan
media roda impian berisi question card berpengaruh positif terhadap hasil belajar
siswa materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.