Penerapan Inkuiri Terbimbing Berpendekatan Multiple Intelligences Terhadap Hasil Belajar Kimia

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andini Arum Sari
Subiyanto Hadisaputro
Sri Nurhayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model inkuiri terbimbing berpendekatan multiple intelligences terhadap hasil belajar siswa pada materi asamĀ  basa di MAN 1 Kabupaten Magelang. Multiple intelligences yang digunakan terfokus hanya pada kecerdasan logis-matematik dengan indikator pencapaian analisis logis dan pemecahan masalah, dan kecerdasan naturalis dengan indikator pencapaian investigasi langsung dan pola pikir terhadap alam. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling, dengan desain penelitian post-test only control design. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Data penelitian berupa hasil belajar ranah pengetahuan, keterampilan, sikap, dan hasil multiple intelligences siswa. Hasil penelitianĀ  diperoleh rata-rata nilai post-test kelas kontrol 43,07 sedangkan pada kelas eksperimen 60,63. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama. Uji koefisien korelasi biserial sebesar 0,8215 dengan kategori terdapat hubungan yang sangat kuat, sedangkan uji koefisien determinasi sebesar 67,4949%. Hasil belajar ranah keterampilan kelas eksperimen memiliki lima aspek berkriteria tinggi, sedangkan kelas kontrol memiliki tiga aspek berkriteria tinggi. Hasil belajar ranah sikap, kelas eksperimen memiliki delapan aspek berkriteria tinggi, kelas kontrol memiliki enam aspek berkriteria tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran inkuiri terbimbing berpendekatan multiple intelligences berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##