IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN ADOBE FLASH MATERI REDOKS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dwi Anita Sari
Sri Haryani

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan literasi sains siswa dan mengetahui tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran berbasis masalah berbantuan Adobe Flash pada materi redoks. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Pada kelas eksperimen digunakan strategi pembelajaran berbasis masalah berbantuan Adobe Flash, dan kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran kooperatif STAD. Pengukuran peningkatan literasi sains yaitu pada aspek konten, proses, dan konteks. Berdasarkan pretes dan postes perhitungan diukur dengan uji perbedaan dua rata-rata pada aspek konsep kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol menggunakan uji t diperoleh 3,058 sedangkan perhitungan uji perbedaan dua rata-rata antar pada aspek konteks kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol menggunakan uji t diperoleh 4,754. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata aspek konten dan konteks, diperoleh thitung (4) lebih dari ttabel (1), maka disimpulkan rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Pada aspek proses dilihat dari analisis deskriptif kelas eksperimen lebih antusias pada saat praktikum. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah berbantuan Adobe Flash dapat meningkatkan literasi sains dan mendapat tanggapan baik siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Dwi Anita Sari, Jurusan Kimia UNNES

Chemistry Department College Student

References

Cook, P. & Walsh, M. (2012). Collaboration And Problem-Based Learning Integrating Information Literacy Into A Political Science Course. Article of Collaboration And Problem-Based Learning, 6(2):9-10. [Diakses 5-06-2013]
Fadliana, H. 2013. Studi Komparasi Penggunaan Metode PBL Dilengkapi Dengan Macromedia Flash Dan LKS terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(3). Tersedia di https://www.google.com/Fjurnal.fkip.uns.ac.id%2Findex.php%2Fkimia%2Farticle%2Fdownload%2F2638%2F1868&ei=JIe3Uqi4A8GriAf38YGIDA&usg=AFQjCNGFW4mDkdHIloKAJxr_bfvN-NOjEw&sig2=ztbg-FSsOkqWZDzj67Huqg. [Diakses 8-12-2013]
Fogarty, 1997. Problem-Based Learningand Multiplle Intelligent Classroom. Melbourne: Hawker Brownlow Education.
Muhaimin, A. 2001.Penelitian kependidikan Prosedur dan Setrategi, Bandung : Angkasa .tth.
OECD. (2003). The PISA 2003 Assessment Framework - Mathematics, Reading, Science and Problem Solving Knowledge and Skills. Paris: OECD.
OECD. 2009. PISA 2009, Assessment Framework, Key competencies in reading, mathematics and science. USA: OECD
Pecore, J. L. 2012. Beyond Beliefs: T eachers Adapting Problem-based Learning to Preex isting Systems of Practice. Interdisciplinary Journal of Problem Based-Learning, 7(12). Tersedia di http://dx.doi.org/10.7771/1541-5015.1359 [Diaksess 3-007-2013]
Rizki, S. 2013. Desain Pembelajaran Elektrokimia Menggunakan Konteks Keris Sebagai Kearifan Local Indonesia Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. Tersedia di http://repository.upi.edu/3748/4/S_KIM_0809114_CHAPTER1.pdf. [Diakses 22-12-2013]
Slameto, 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: Tarsito.
Tosun, C. & TaÅŸkesenligil, Y. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Student Motivation Towards Chemistry Classes and on Learning Strategies. Journal Of Turkish Science Education Vol.9(1): 3. Tersedia di http://www.tused.org. [Diakses 3-01-2014]
Tosun, C. & TaÅŸkesenligil, Y. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Student Motivation Towards Chemistry Classes and on Learning Strategies. Journal Of Turkish Science Education Vol.9(1): 3. Tersedia di http://www.tused.org. [Diakses 3-01-2014].