Pengembangan LKS Elektronik Berbasis Multi Representasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan tanggapan respon siswa pada LKS elektronik kelarutan dan hasil kali kelarutan. Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang telah dimodifikasi menjadi 3D. Desain penelitian tersebut terdiri dari define, design, dan develop. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan tes. Data yang diperoleh adalah hasil validasi dari ahli materi dan ahli media, hasil tes siswa, dan tanggapan siswa pada uji coba skala kecil. LKS elektronik yang dikembangkan memiliki karakteristik berbasis multirepresentasi. Hasil kelayakan ahli materi terhadap LKS elektronik mendapat rerata skor dengan persentase sebesar 81,86% dengan kriteria layak. Hasil kelayakan ahli media mendapat rerata skor dengan persentase sebesar 94,16% dengan kriteria sangat layak. Kepraktisan LKS dinilai berdasarkan perolehan skor angket respon siswa sebesar 89% dengan kriteria sangat praktis dan keterbacaan. LKS elektronik yang dikembangkan mendapat tanggapan positif dengan rerata skor dengan persentase sebesar 89,1% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, LKS elektronik berbasis multi representasi materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang dikembangkan layak dan praktis digunakan dan mendapatkan tanggapan positif dari siswa.