Pengembangan Modul Petunjuk Praktikum Berbasis Kontekstual pada Materi Asam Basa untuk SMA/MA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan peserta didik tidak dapat meningkatkan kemampuan belajar kontekstualnya yang sering didapatkan dari kegiatan praktikum. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul petunjuk praktikum berbasis kontekstual pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang dibatasi sampai pada tahap develop. Kualitas produk pengembangan divalidasi dan dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, empat reviewer (guru kimia SMA/MA), dan ditanggapi atau direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA kelas XII di Yogyakarta. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian kualitas produk menggunakan skala Likert dan lembar angket respon siswa menggunakan skala Guttman. Modul petunjuk praktikum yang dikembangkan berisi praktikum-praktikum kimia pada materi asam basa yang disusun berdasarkan karakteristik atau komponen utama pembelajaran kontekstual. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 96,00% (Sangat Baik), penilaian kualitas produk oleh ahli media mendapatkan persentase 93,33% (Sangat Baik), penilaian kualitas produk oleh reviewer mendapatkan persentase 94,05% (Sangat Baik), dan penilaian respon peserta didik mendapatkan persentase 93,33% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan belajar kontekstual peserta didik.