Pengembangan Instrumen Pilihan Ganda Kompleks Bermuatan Indikator Creative Thinking Ability pada Materi Larutan Penyangga
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abad ke-21 siswa dituntut memiliki kemapuan berpikir kreatif, sehingga diperlukan instrument test yang mempu mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes pilihan ganda kompleks (PGK) bermuatan indikator Creative Thinking Ability (CTA) pada materi larutan penyangga yang dirancang berdasarkan analisis Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator CTA. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D), dengan model 4D meliputi Define, Design, Develop, Disseminate. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XII SMA Negeri 15 Semarang. Teknik analisis data meliputi validasi isi oleh ahli, analisis menggunakan model Rasch (item dan person fit, reliabilitas, item dan person measure, dan skalogram), dan profil kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menghasilkan instrumen tes PGK yang reliabel dengan skor 0,91 dan valid berdasarkan validitas isi dengan nilai 42/44. Hasil analisis profil kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan 5% siswa pada kategori sangat tinggi, 27% tinggi, 20% sedang, 12% rendah, dan 35% sangat rendah. Hasil rekapitulasi tanggapan siswa menunjukkan 60% siswa sangat setuju dan 14,5% setuju. Penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen pilihan ganda kompleks bermuatan indikator CTA pada materi larutan penyangga memberikan informasi secara menyeluruh terkait profil kemampuan berpikir kreatif siswa.