PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBASIS ELABORATION STRATEGIES TERHADAP HASIL BELAJAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Vika Rianti Puspitaningrum
Saptorini Saptorini
Kusoro Siadi

Abstract

Dalam penelitiandigunakan model PBI berbasis  Elaboration Strategiessebagai variasi pembelajaran untuk menjadikan siswa mandiri. Dalam penerapannya di dalam kelas, PBI dilaksanakan dengan memberikan masalah kepada siswa, siswa didorong untuk memecahkan masalah dan menarik kesimpulan mengenai masalah yang diberikan. Sedangkan Elaboration Strategiesdiaplikasikan dengan kegiatan mencatat dan membantu siswa mengingat apa yang mereka baca.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dari model PBI berbasis Elaboration Strategiesterhadap hasil belajar siswa serta besar pengaruh yang ditimbulkan. Metode penelitian yang digunakan quasi exsperiment design. Desain yang digunakan adalah post-test only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Analisis tahap awal menunjukkan bahwa, populasi berdistribusi normaldan homogen.Berdasarkan uji kesamaan dua varians data post testmenunjukkan bahwa Fhit (1,34 ) < Ftabel (1,93) yang berarti kedua kelompok mempunyai varians yang sama. Pada uji korelasi biseral diperoleh rbissebesar 0,5490. Didapat koefisisen determinasisebesar 30,15%. Mengenai uji ketuntasan belajar didapatkan ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen sebesar 91,89% sedangkan kelas kontrol sebesar 81,58%. Simpulan dalam penelitian ini adalah model PBI berbasis Elaboration Strategies berpengaruh terhadap hasil belajara siswa materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis. Besarnya kontribusi model PBI berbasis Elaboration Strategies terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 30,15%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##