- Abstract viewed - 774 times
- PDF downloaded - 460 times
Affiliations
Devi Tataning Pratiwi
Affiliation not stated
Agung Tri Prasetya
Affiliation not stated
Woro Sumarni
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- WIDYO UTOMO, Woro Sumarni, Sigit Priatmoko, PENGARUH KONSENTRASI SO42- DAN pH TERHADAP DEGRADASI CONGO RED MENGGUNAKAN FOTOKATALIS N-TiO2 , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 1 (2018)
- Harto Karmono, Sri Wardani, Agung Tri Prasetya, Penjenjangan Berpikir Kritis melalui Pembelajaran Search Solve Create Share Materi Asam Basa , Chemistry in Education: Vol 8 No 1 (2019): Terbit bulan April 2019
- Faricha Tunjungsari, Jumaeri Jumaeri, Woro Sumarni, Karakteristik Adhesive Polymer Polivinil Asetat Termodifikasi Butil Akrilat untuk Aplikasi Transfer Metalize , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 2 (2019)
- Nursanti Angger Ratnawati, Agung Tri Prasetya, Endah Fitriani Rahayu, Validasi Metode Pengujian Logam Berat Timbal (Pb) dengan Destruksi Basah Menggunakan FAAS dalam Sedimen Sungai Banjir Kanal Barat Semarang , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 1 (2019)
- shofa Istiana, Jumaeri Jumaeri, Agung Tri Prasetya, Preparasi Arang Aktif Trembesi Magnetit untuk Adsorpsi Senyawa Tannin dalam Limbah Cair , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 1 (2020)
- Kristiyana Kristiyana, Agung Tri Prasetya, Kasmui Kasmui, Perbandingan Metode Destruksi Sedimen Sungai Kaligarang pada Analisis Logam Cu Menggunakan Flame Atomic Absorption Spectrometer (FAAS) , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 2 (2020)
- Brigitta Elga Kusuma Dewi, Woro Sumarni, Efektivitas Penggunaan Media E-learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Iqnatu Nazila Amique, Jumaeri Jumaeri, Woro Sumarni, Endang Susilaningsih, PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM INOVATIF PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Anggreny Br Pandia, Woro Sumarni, Pengembangan Alat Peraga Uji Daya Hantar Listrik Berbasis STEM dan Pengaruhnya Terhadap Literasi Kimia Peserta Didik , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Rizqi Anisa, Edy Cahyono, Woro Sumarni, Eko Budi Susatyo, Implementasi Design Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar Materi Elektrokimia , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
Implementasi Design Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar Materi Elektrokimia
Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
Submitted: Oct 6, 2020
Published: Apr 27, 2021
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara beberapa guru kimia di Semarang, keterampilan proses sains peserta didik masih rendah. Guru hendaknya menggunakan strategi pembelajaran yang bisa meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Design Based Learning (DBL) Chandrasekaran dkk. (2013). Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan suatu penelitian implementasi model Design Based Learning dengan melihat keefektivannya terhadap peningkatan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan menggunakan pretest-posttest control grup design. Penelitian dilakukan di SMK N Jawa Tengah di Semarang dengan kelas X TITL sebagai kelas eksperimen dan X BKP sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest dan posttest keterampilan proses sains, lembar observasi keterampilan proses sains, serta angket respon peserta didik dan guru. Implementasi model Design Based Learning pada materi elektrokimia dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji t dilakukan yaitu diperoleh t hitung sebesar 14,07 dan t tabel sebesar 2,07. Nilai t hitung > t tabel maka Ha diterima. Serta hasil ui N- Gain sebesar 0,75 yang menunjukan peningkatan KPS dalam kategoori tinggi. Selain itu, model Design Based Learning layak untuk diterapkan berdasarkan respon dari peserta didik dan guru.