- Abstract viewed - 774 times
- PDF downloaded - 460 times
Affiliations
Devi Tataning Pratiwi
Affiliation not stated
Agung Tri Prasetya
Affiliation not stated
Woro Sumarni
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Ahmad Roisul Mubarok, Woro Sumarni, Wisnu Sunarto, PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PRODUK COCOLEAF CRAFT ART TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP REDOKS SISWA KELAS X , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Izza Ratna Kumala, Woro Sumarni, Sri Haryani, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Nur Mahiyatus Sholikhah, Agung Tri Prasetya, Endang Susilaningsih, Woro Sumarni, Pengembangan Panduan Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk Identifikasi Keterampilan Laboratorium Peserta Didik pada Materi Titrasi Asam-Basa , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Siti Nurfaijah, Woro Sumarni, Sri Susilogati Sumarti, Cepi Kurniawan, Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi STEM Pada Pembelajaran Hidrolisis Garam Terhadap Keaktifan Siswa , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Wahyu Uswatun Khasanah, Woro Sumarni, DESAIN LKPD MENGGUNAKAN PENDEKATAN ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Audhea Kartini Puspaningrum, Woro Sumarni, Sudarmin Sudarmin, Desain E-Modul Larutan Elektrolit-Nonelektrolit Multirepresentasi terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Salsabila Syafari Zaza, Kasmui Kasmui, Sri Wardani, Agung Tri Prasetya, Pengaruh Media Kahoot Berbasis Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Kimia , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Feby Kristiansi, Endang Susilaningsih, Woro Sumarni, Sigit Priatmoko, Pengembangan Butir Soal Tes Tingkat Makroskopis, Mikroskopis, dan Simbolis Untuk Identifikasi Kemampuan Analisis Siswa yang Dianalisis dengan Model Rasch , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Amalia Irfiana, Woro Sumarni, Desain Instrumen Tes Three-Tier Multiple Choice Bermuatan Critical Thinking Skills untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Terkait Materi Asam Basa , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
- Siti Maimunah Febriani, Sri Haryani, Agung Tri Prasetya, Nuni Widiarti, Puji Ningrum, Kelayakan dan Keefektifan Bahan Ajar Pengayaan Berbasis Literasi Sains Materi Hidrolisis Garam , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
Kelayakan dan Keefektifan Bahan Ajar Pengayaan Berbasis Literasi Sains Materi Hidrolisis Garam
Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
Submitted: Jul 28, 2022
Published: Dec 8, 2022
Abstract
Tujuan dari penelitian yang dilakukan ialah mengetahui kelayakan dan efektivitas bahan ajar pengayaan berbasis literasi sains materi hidrolisis garam. Penelitian yang dilakukan menggunakan model penelitian 4D yang tahapannya meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen pengumpul data yang digunakan yaitu lembar penilaian bahan ajar, skala keterbacaan bahan ajar, dan instrumen tes. Penilaian ahli dan tingkat keterbacaan digunakan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar pengayaan, sedangkan uji N-Gain dan paired sample t test pada hasil pretest-posttest digunakan untuk menilai efektivitas bahan ajar pengayaan. Hasil analisis kelayakan yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi berturut-turut adalah 52,5 dan 106,5 dengan masing-masing kriteria sangat layak. Berdasarkan skala keterbacaan siswa, bahan ajar pengayaan secara keseluruhan dinilai memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi. Hasil analisis keefektifan menunjukkan bahwa (1) ketuntasan klasikal siswa meningkat dari 85,40 persen menjadi 100 persen tuntas dan (2) meningkatnya rerata hasil belajar siswa dari 75,73 menjadi 89,38. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar pengayaan berbasis literasi sains pada materi hidrolisis garam yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan pada program pengayaan.