Pengembangan Panduan Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk Identifikasi Keterampilan Laboratorium Peserta Didik pada Materi Titrasi Asam-Basa
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk panduan praktikum berbasis guided inquiry pada materi titrasi asam-basa serta mengetahui kelayakan, tanggapan, dan spesifikasi panduan praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D), dengan desain four D (4D) yang terdiri dari tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Subjek penelitian 20 peserta didik kelas XI MIA. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, validasi ahli, dan angket tanggapan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar angket tanggapan peserta didik, dan lembar observasi keterampilan laboratorium. Teknik analisis data yaitu analisis kelayakan dan analisis tanggapan peserta didik. Panduan praktikum memiliki spesifikasi yaitu panduan praktikum menggunakan langkah guided inquiry serta dapat melatih keterampilan laboratorium peserta didik. Hasil validasi materi menunjukkan bahwa panduan praktikum yang dinyatakan sangat layak dengan skor rata-rata > 42,25 dari skor maksimal 52 dan hasil validasi media menunjukkan bahwa panduan praktikum dinyatakan layak dengan skor rata-rata > 55,25 dari skor maksimal 68. Hasil uji coba menunjukkan bahwa panduan praktikum memiliki keterbacaan baik dengan skor > 32,5 dari skor maksimal 52 dan keterlaksaan yang sangat baik dengan skor > 29,25 dari skor 36. Kesimpulan dari penelitian ini dihasilkan produk yang telah teruji kelayakan, mendapat tanggapan yang baik dari peserta didik dan guru.