- Abstract viewed - 403 times
- PDF downloaded - 519 times
Affiliations
Cici Fatmala
kimia unnes
Kasmui Kasmui
Affiliation not stated
Nuni Widiarti
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Amma Aisyah, Nuni Widiarti, F Widhi Mahatmanti, Perbedaan Aktivitas Katalitik S-ZrO2, S-ZA, dan S-ZrO2/ZA dalam Reaksi Esterifikasi Minyak Jelantah , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 3 (2018)
- Duwanda Anwaristiawan, Harjito Harjito, Nuni Widiarti, Modifikasi Katalis BaO/Zeolit Y pada Reaksi Transesterifikasi Minyak Biji Jarak (Jatropha Curcas L.) menjadi Biodiesel , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 3 (2018)
- Afi Fitriyaningsih, Kasmui Kasmui, Harjono Harjono, Pengaruh Enkapsulasi Logam Cr dan Zn terhadap Band Gap BNNT Armchair menggunakan Metode DFT , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 3 (2018)
- Muhammad Fadloli, Ersanghono Kusuma, Kasmui Kasmui, The Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Untuk Pembelajaran Kimia yang Efektif , Chemistry in Education: Vol 8 No 1 (2019): Terbit bulan April 2019
- Anfi'na Ilma Yunita, Triastuti Sulistyaningsih, Nuni Widiarti, Karakterisasi dan Uji Sifat Fisik Material Zeolit Modifikasi Magnetit sebagai Adsorben Ion Klorida dalam Larutan Berair , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 2 (2019)
- Kristiyana Kristiyana, Agung Tri Prasetya, Kasmui Kasmui, Perbandingan Metode Destruksi Sedimen Sungai Kaligarang pada Analisis Logam Cu Menggunakan Flame Atomic Absorption Spectrometer (FAAS) , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 2 (2020)
- Arida Nurdiani, Kasmui Kasmui, Ella Kusumastuti, Pengaruh Dopan Logam Scandium dan Vanadium pada Carbon Nanotube terhadap Energi Adsorpsi Hidrogen Menggunakan Metode Density Functional Theory , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 2 (2019)
- Lies Lestariningtias, Kasmui Kasmui, Kasmadi Imam Supardi, Sri Susilogati Sumarti, Analisis Pencapaian Kompetensi Kognitif Kimia Peserta Didik Materi Redoks Dan Tata Nama Senyawa Melalui Two Tier Digital Test , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Nanda Ayu Lestari, Nanik Wijayati, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Analisis Miskonsepsi Siswa Materi Asam Basa Menggunakan Two-Tier Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Harris Afriantono, Kasmui Kasmui, Kasmadi Imam Supardi, Endang Susilaningsih, PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PADA MATERI HIDROLISIS KELAS XI , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PADA MATERI HIDROLISIS KELAS XI
Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
Submitted: Aug 7, 2020
Published: Apr 27, 2021
Abstract
Teknologi perkembangan industri 4.0 membuat manusia semakin praktis hingga merambah pada dunia pendidikan. Teknologi memberikan peran pada media pembelajaran yang lebih interaktif. Studi literatur menunjukan bahwa terdapat keefektifan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis android pada pembelajaran dibandingkan dengan pembelajaran ceramah. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan aplikasi android sebagai media interaktif pada materi hidrolisis yang diharapkan teruji layak dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran. Penelitian dirancang dengan mengembangkan produk dengan model ADDIE. Subjek penelitian pada uji coba skala kecil berasal dari kelas XI MIPA 3 sebanyak 15 orang dipilih secara purposive sampling dan uji coba skala besar melibatkan 34 siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Demak. Hasil validasi kelayakan media menunjukkan skor kelayakan sebesar 21,5 dari skor maksimal 24 dengan kriteria penilaian sangat baik dari validator ahli materi. Validator ahli Bahasa memperoleh skor sebesar 23,5 dari skor maksimal 24 dengan kriteria sangat baik dan pada aspek media skor kelayakan yang diperoleh sebesar 57,5 dari skor maksimal 60 dengan kriteria skor sangat baik. Keefektifan hasil belajar dari media interaktif yang dikembangkan dapat dilihat dari perolehan ketuntasan klasikal setelah dilakuka treatment dan diperoleh sebesar 76,4%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak teruji dan efektif digunakan dalam pembelajaran.