- Abstract viewed - 249 times
- pdf downloaded - 923 times
Affiliations
Faleria Sandra Puspita
Universitas Negeri Semarang
Agung Tri Prasetya
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Aya Sofia, Agung Tri Prasetya, Ella Kusumastuti, KOMPARASI BIOPLASTIK KULIT LABU KUNING-KITOSAN DENGAN PLASTICIZER DARI BERBAGAI VARIASI SUMBER GLISEROL , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 6 No 2 (2017)
- Harto Karmono, Sri Wardani, Agung Tri Prasetya, Penjenjangan Berpikir Kritis melalui Pembelajaran Search Solve Create Share Materi Asam Basa , Chemistry in Education: Vol 8 No 1 (2019): Terbit bulan April 2019
- Nursanti Angger Ratnawati, Agung Tri Prasetya, Endah Fitriani Rahayu, Validasi Metode Pengujian Logam Berat Timbal (Pb) dengan Destruksi Basah Menggunakan FAAS dalam Sedimen Sungai Banjir Kanal Barat Semarang , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 1 (2019)
- shofa Istiana, Jumaeri Jumaeri, Agung Tri Prasetya, Preparasi Arang Aktif Trembesi Magnetit untuk Adsorpsi Senyawa Tannin dalam Limbah Cair , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 1 (2020)
- Kristiyana Kristiyana, Agung Tri Prasetya, Kasmui Kasmui, Perbandingan Metode Destruksi Sedimen Sungai Kaligarang pada Analisis Logam Cu Menggunakan Flame Atomic Absorption Spectrometer (FAAS) , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 2 (2020)
- Salsabila Syafari Zaza, Kasmui Kasmui, Sri Wardani, Agung Tri Prasetya, Pengaruh Media Kahoot Berbasis Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Kimia , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Siti Maimunah Febriani, Sri Haryani, Agung Tri Prasetya, Nuni Widiarti, Puji Ningrum, Kelayakan dan Keefektifan Bahan Ajar Pengayaan Berbasis Literasi Sains Materi Hidrolisis Garam , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
- Sudarmin Sudarmin, Agung Tri Prasetya, Widhi Mahatmanti, Siti Herlina Dewi, Rr. Sri Endang Pujiastuti, Pelatihan Pembelajaran Proyek Terintegrasi Etno-Stem Untuk Pembuatan Teh Herbal Hutan Tropis Sebagai Imunitas Tubuh Covid-19 , Journal of Community Empowerment: Vol 2 No 2 (2022): Journal of Community Empowerment
- Afina Fitri, Agung Tri Prasetya, Kasmui Kasmui, Nuni Widiarti, Desain E-LKPD Berbasis Fillable PDF Bermuatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
- Riris Arfianti, Eko Budi Susatyo, Agung Tri Prasetya, Sri Nurhayati, Desain Media Pembelajaran Fun Colloid berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Desain Media Pembelajaran Fun Colloid berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid
Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Submitted: Oct 25, 2022
Published: Apr 28, 2023
Abstract
Tujuan penelian ini untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, respons peserta didik dan guru terhadap penggunaan media pembelajaran Fun Colloid berbasis android untuk meningkatkan hasil dan minat belajar peserta didik pada materi sistem koloid. Penelitian pengembangan (research and development) dengan model penelitian 3-D yaitu (define, design, dan development). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Slawi menggunakan teknik purpossive sampling sebanyak 51 peserta didik kelas XI. Berdasarkan hasil analisis validasi kelayakan oleh para ahli memperoleh validasi materi dan media sangat layak berturut-turut sebesar 92% dan 93%. Uji skala kecil menunjukkan skor 94% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis untuk peningkatan hasil belajar diperoleh nilai N-gain sebesar 0,78 dengan kriteria tinggi dan efektivitas sebesar 78% dengan kriteria efektif. Indeks minat belajar peserta didik diperoleh skor 85% dengan kategori sangat tinggi. Peserta didik dan guru memberikan respons sangat baik dengan skor 92% dan 95%. Berdasarkan analisis diperoleh simpulan bahwa desain media pembelajaran Fun Colloid berbasis android dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil dan minat belajar peserta didik serta memperoleh respons sangat baik dari peserta didik dan guru.