Abstract

Pendidikan sebagai jenjang lanjutan tanpa ada batasan. Proses pembelajaran tentunya terkait adanya penguasaan konsep. Namun kenyataan yang dialami oleh siswa yaitu kurang minat siswa dalam belajar, menuntut siswa untuk menghafal materi. Tentunya pada penguasaan konsep memberikan solusi memecahkan masalah dalam kehidupan. Hal ini siswa mengambil keputusan dengan tepat, sering kali menjumpai keadaan lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar yaitu guru tidak memberikan dorongan masalah, siswa merasa kurang peduli terhadap menyelesaikan masalah di lingkungannya. Tujuan penelitian untuk mengujikan kefeektifan sebuah produk yang dikembangkan pada penerapan dalam meningkatkan penguasaan konsep dan pemecahan masalah terhadap program pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar dengan Kerangka Understanding by Design (UbD). Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan serta model ADDIE. Berdasarkan penelitian menggunakan validasi ahli materi pelajaran dan proses pembelajaran serta validasi ahli Bahasa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD 17 &1 1 Muhammadiyah 11. Pada teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dan kuantitatif yaitu wawancara dan angket respon guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan produk yang dikembangkan  yang dinyatakan valid oleh ahli materi  pembelajaran dan proses pembelajaran dengan rerata penilaian pada tahapan I dan II memperoleh 97,50%, sedangkan ahli Bahasa tahapan I dan II memperoleh rerata 98,00%. Ditinjau berdasarkan hasil angket respon guru dan siswa kelas IV diperoleh. Pada respon guru menguji coba kelompok kecil dan lapangan (besar) diperoleh rerata 94,37%. Sedangkan angket respon siswa dengan rerata 93,14%. Hasil uji keefektifan penerapan program pembelajaran hasil pengembangan diperoleh dan dihitung  rerata pretest 40 dan rerata posttest adalah 71,06. Setelah menggunakan uji normalitas gain diperoleh hasil 0.51. Pada penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan program pembelajaran IPAS Sekolah Dasar dengan Kerangka Understanding by Design (UbD) layak untuk diterapkan dalam pembelajaran.