IMPROVING THE LEADERSHIP COMPETENCY OF PONDOK PESANTREN TEACHERS THROUGH GROWING LEADERSHIP TRAINING IN FACING THE CHALLENGES OF THE DIGITAL ERA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhsin Muhsin
S Martono
Kusumantoro Kusumantoro
Ahmad Nurkhin
Abdul Hobar

Abstract

Tenaga pengajar (ustadz dan ustadzah) di pondok pesantren menghadapi tantangan dalam pembinaan santri. Perkembangan teknologi informasi pada era revolusi industri 4.0 telah berdampak pada pola pendidikan pondok pesantren. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan Kepemimpinan Bertumbuh untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan para asatidz. Program pengabdian kepada masyarakat ini bermitra dengan Yayasan Al Asror Patemon Gunungpati Semarang. Metode yang digunakan adalah Seminar Pendidikan Strategi Kepemimpinan Bertumbuh dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan LP3 UNNES yang telah menjadikan Yayasan Al Asror sebagai mitra. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di aula Madrasah Aliyah (MA) Al Asror, pada hari Sabtu, 8 Agustus 2020. Kegiatan diawali dengan penandatanganan dokumen rencana pelaksanaan kegiatan antara FE UNNES dan Yayasan Al Asror sebagai tindak lanjut Kerjasama (MOU) antara UNNES dan Yayasan. Narasumber kegiatan adalah Plt. Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Perencanaan, Dr. Hendi Pratama, MA. yang memaparkan materi mengenai “Menguatkan Reputasi Pribadi dan Lembaga Al Asror”. Narasumber kedua adalah Ketua LP3 UNNES, Dr. Ngabiyanto, M.Si. yang menyampaikan materi “Strategi Kepemimpinan Bertumbuh dalam Menghadapi Tantangan Era Digital”. Peserta kegiatan sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Hal ini tampak pada partisipasi peserta saat narasumber mengajak dialog langsung dengan peserta. Peserta juga sangat antusias pada sesi tanya jawab.


Teachers (ustadz and ustadzah) in boarding schools face challenges in the construction of students. The development of information technology in the era of industrial revolution 4.0 has had an impact on the pattern of boarding school education. Therefore, it is necessary to train “Kepemimpinan Bertumbuh” to improve the leadership competence of the asatidz. This community service program is partnered with Yayasan Al Asror Patemon Gunungpati Semarang. The method used is The Education Seminar of Growing Leadership Strategy in Facing the Challenges of the Digital Era. This activity also collaborates with LP3 UNNES which has made Al Asror Foundation as a partner. The service was held in madrasah Aliyah (MA) Al Asror hall, on Saturday, August 8, 2020. The activity began with the signing of a document on the implementation plan of activities between FE UNNES and Al Asror Foundation as a follow-up to the Cooperation (MOU) between UNNES and the Foundation. The speakers of the activity were Plt. Vice Rector for Cooperation and Planning, Dr. Hendi Pratama, MA. which presents material on "Strengthening the Personal Reputation and Institution of Al Asror". The second speaker was the Chairman of LP3 UNNES, Dr. Ngabiyanto, M.Si. who delivered the material "Leadership Strategy to Grow in Facing the Challenges of the Digital Era". Participants of the activity are very enthusiastic to participate in this activity. This is evident in the participation of participants when the speaker invites direct dialogue with the participants. Participants were also very enthusiastic at the question and answer session.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Muhsin, M., Martono, S., Kusumantoro, K., Nurkhin, A., & Hobar, A. (2021). IMPROVING THE LEADERSHIP COMPETENCY OF PONDOK PESANTREN TEACHERS THROUGH GROWING LEADERSHIP TRAINING IN FACING THE CHALLENGES OF THE DIGITAL ERA. Indonesian Journal of Devotion and Empowerment, 3(1), 16-20. https://doi.org/10.15294/ijde.v3i1.46265

References

Ansor, A. S. (2014). Manajemen Pendidikan Islam Tentang Kepemimpinan Kiai Di Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Cipondoh Tangerang. Edukasi Isl ami Jurnal Pendidikan Islam, 03, Juli 2014, 650-662.

Aziz, H. & Taja, N. (2016). Kepemimpinan Kyai Dalam Menjaga Tradisi Pesantren (Studi Deskriptif di Pondok Pesantren Khalafi Al-Mu’awanah Kabupaten Bandung Barat). Ta’dib, V(1), November 2016, 9-18.

Faris, A. (2015). Kepemimpinan Kiai dalam Mengembangkan Pendidikan Pesantren.’Anil Islam, 8(1), Juni 2015, 124-144.

Iswiyanto, H. A. (2017). Gaya Kepemimpinan Mudîr Dalam Pengelolaan Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur). Tesis pada Porgram Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin.

Rokhman, Fathur. 2018. Kepemimpinan Bertumbuh; 50 Kiat Memimpin di Era Perubahan. Semarang: UNNES Press.

Prabowo, N. (2016). Model Kepemimpinan di Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat Kuala Tungkal Jambi. Tesis pada Program Studi Magister Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Susanto, H. & Muzakki, M. (2016). Perubahan Perilaku Santri (Studi Kasus Alumni Pondok Pesantren Salafiyah Di Desa Langkap Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo). ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), Juli-Desember 2016, 1-42.

https://beritajatim.com/pendidikan-kesehatan/medsos-sebagai-wajah-baru-komunikasi-politik-santri/

https://humas.jatengprov.go.id/detail_berita_gubernur?id=3484.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>