Assistance and Digitalization of MSMEs Based on Optimization of Digital Promotional Content Creation Wulan Suci Rachmadani, Margunani, Moch Faizal Rachmadi Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wulan Suci Rachmadani
Margunani Margunani
Moch Faizal Rachmadi

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sekarang ini terus mengalami pertumbuhan seiring dengan perkembangan zaman diera revolusi industri 4.0. Diera sekarang ini juga menuntut para pelaku usaha termasuk UMKM untuk terus bertransformasi digital dalam berbagai hal. Adapun permasalahan yang sekarang ini dihadapi oleh para pelaku UMKM diantaranya adalah kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih rendah dalam penguasaan kemampuan literasi digital terutama berkaitan dengan digital marketing dan optimalisasi konten promosi berbasis digital yang efektif, efisien dan tepat sasaran. Permasalahan tersebut harus segera diatasi dan ditangani secara tepat, cepat serta berkelanjutan. Adapun solusi yang ditawarkan adalah dengan melakukan pendampingan dan digitalisasi UMKM berbasis optimalisasi pembuatan konten promosi digital. Substansi dan makna dari suatu konten promosi yaitu mempunyai nilai tersendiri bagi upaya pemasaran atau marketing suatu produk dan/atau jasa dalam menarik keputusan pembelian dari konsumen. Rencana kegiatan yang disusun dalam pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan secara komprehensif, terpadu dan terintegrasi berbasis digital. Pendekatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dipakai adalah Participatory Rural Appraisal (PRA) berbentuk metode penyuluhan, pendampingan, dan pelatihan. Sasarannya adalah para pelaku UMKM diberbagai bidang usaha di Talangsari, Kelurahan Bendan Duwur, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang.


Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) continue to experience growth in line with developments in the era of Industrial Revolution 4.0. The current era also requires business actors, including MSMEs, to continue digital transformation in various ways. The problems currently faced by MSME players include the still low competency of Human Resources (HR) in mastering digital literacy skills, especially those related to digital marketing and optimizing digital-based promotional content that is effective, efficient and right on target. These problems must be addressed immediately and handled appropriately, quickly and sustainably. The solution offered is to provide assistance and digitalization of MSMEs based on optimizing the creation of digital promotional content. The substance and meaning of promotional content are valuable for marketing efforts for a product and/or service in attracting consumer purchasing decisions. The activity plan prepared in Community Service for the community is carried out in a comprehensive, integrated, and digital-based manner. The approach used for community service activities is participatory rural appraisal (PRA) in counselling, mentoring, and training methods. The targets are MSME actors in various business fields in Talangsari, Bendan Duwur Village, Gajahmungkur District, Semarang City.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rachmadani, W., Margunani, M., & Rachmadi, M. (2024). Assistance and Digitalization of MSMEs Based on Optimization of Digital Promotional Content Creation. Indonesian Journal of Devotion and Empowerment, 5(2), 13-19. https://doi.org/10.15294/ijde.v5i2.71970

References

Angela, V., Paramita, E. L., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(2), 248-262.
Anwar, F. (2017). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(1), 137-144.
Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia. (2020). Upaya Pemerintah untuk Memajukan UMKM Indonesia. https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/de tail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia#:~:text=Pentingnya%20Peran%20UMKM%20Terhadap%20Perekon omian%20Indonesia&text=UMKM%20memiliki%20kontribusi%20besar%20terhadap,dunia%20usaha%20pada%20tah un%202020. Diakses pada 23 Maret 2023 pukul 05.00 WIB.
Daulay, R., Handayani, S., & Ningsih, I. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Department Store di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1(1).
Galani-Moutafi, V. (2013). Rural Space (Re) Produced–Practices, Performances And Visions: A Case Study From An Aegean Island. Journal of Rural Studies, 32, 103-113.
Harahap, D. A., & Amanah, D. (2022). Memahami Impulsif Buying Dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa), 19(1), 31-55.
Hernando, R., Rafiqi, R., Hendriyaldi, H., Hastuti, D., & Sukmawati, N. (2022). Home Industry Development Through Digital Marketing With Canva Application Optimization. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(3), 557-570.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users Of The World, Unite! The Challenges And Opportunities Of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (2022). Kontribusi UMKM bagi Perekonomian Besar, Presiden Tekankan Pentingnya Izin bagi UMKM. https://m.kominfo.go.id/content/detail/43084/kontribusi-umkm-bagi-perekonomian-besar-presiden-tekankan-pentingnya-izin-bagi- umkm/0/berita.. Diakses pada 22 Maret 2023 pukul 04.09 WIB.
Khomariah, N. E., & Primandari, P. N. (2021). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pelaku Usaha Toko Ikan" Sub Aquatic" Sebagai Strategi Digital Marketing. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 795-801.
Mahdi. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia capai 191 Juta. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022. Diakses pada 25 Maret 2023 pukul 10.22 WIB.
Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Daud, I., & Siregar, M. I. (2021). Peningkatan Daya Saing UMKM Di Era New Normal Melalui Strategi Pembuatan Konten Promosi Digital. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 5(2), 62-70.
Pratyahara, D. (2020). Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Prihadini, D., Alam, C. A., Sudinta, H., Rachmadi, H., Kumala, R., Santoso, T., & Maulina, A. (2022). Pendampingan Teknik Pembuatan Konten Promosi Digital Bagi UMKM Kota Bekasi. Dedication: Journal of Community Service, 1(1), 44-54.
Purworini, D. (2014). Model Informasi Publik di Era Media Sosial: Kajian Grounded Teori di Pemda Sukoharjo. Jurnal Komuniti, 6(1), 3–15.
Sagita, N. G., Kartikasari, M., Asyrofi, M. H., & Hayati, K. R. (2022). Optimalisasi Digital Marketing untuk Pengembangan UMKM Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1325-1332.
Sanjaya, R., dan Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing: Teknologi Berbiaya Murah, Inovatif, dan Berdaya Hasil Gemilang. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206-217.
Susilowati, N., Anisykurlillah, I., & Lianingsih, S. (2020). Peningkatan Kapabilitas Pengurus Unit Usaha E-Warung BUMDes Sumber Arto Melalui Pemahaman Pembukuan Sederhana. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP 2020, 1 (1).
Waliuddin, A. Nauval. (2023). Analysis of Business Strategy Implementation and Consumer Behavior In Purchase and Its Relationship To Company Value At CV. Homie Indonesia. Asian Journal of Social and Humanities, 1 (6).
Yunita, S. (2022). Pelatihan Desain dan Video Grafis Untuk Meningkatkan Promosi Digital OPD di Kotawaringin Timur. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 5(1), 33-42.
Yunita, S. (2022). Pelatihan Desain dan Video Grafis Untuk Meningkatkan Promosi Digital OPD di Kotawaringin Timur. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 5(1), 33-42

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>