KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Khoeru Annisa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap keterampilan proses sains siswa SMA Negeri 1 Ungaran pada materi Koloid. Penelitian ini merupakan penelitian true-eksperiment dengan desain pretest-posttest group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI-MIA SMA Negeri 1 Ungaran tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling menghasikan kelas XI-MIA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-MIA5 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data meliputi dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar klasikal tes keterampilan proses sains sebesar 88,89 % (32 dari 36 siswa) dan hasil observasi keterampilan proses sains berkategori baik (rata-rata 83,85) sedangkan pada kelas kontrol ketuntasan belajarnya hanya 70,27 % (26 dari 37 siswa) dan hasil observasinya berkategori cukup (rata-rata 64,13). Siswa kelas eksperimen dan guru memberikan tanggapan positif terhadap penerapan pendekatan POGIL. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Process Oriented Guided Inquiry Learning efektif terhadap keterampilan proses sains siswa SMA Negeri 1 Ungaran pada materi Koloid.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##