PENGARUH PENERAPAN STRATEGI REACT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Akhmad Farid
Sri Nurhayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kimia dengan strategi REACT dan seberapa besar pengaruh yang diberikan terhadap hasil belajar kimia siswa kompetensi kelarutan dan hasil kali kelarutan di MAN Babakan Lebaksiu Tegal. Data hasil penelitian diperoleh melalui metode tes, observasi, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA  MAN Babakan Lebaksiu Tegal. Desain penelitian ini adalah posttest only group design. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil posttest kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 sebesar 82,03 dan 77,07. Hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kelas eksperimen 2. Analisis pengaruh terhadap hasil belajar siswa diperoleh koefisien korelasi biserial sebesar 0,45 dengan koefisien determinasi 20,25%. Hasil belajar afektif dan psikomotorik kelas eksperimen 1 lebih baik dari kelas eksperimen 2. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kimia dengan strategi REACT berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##