Pengembangan Instrumen Penilaian (Attitude Toward Chemistry) dengan Teknik Peer dan Self Assessment Siswa SMA N 2 Salatiga

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Astri Atina A’izzah
Endang Susialaningsih
Sri Susilogati Sumarti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian afektif (attitude toward chemistry) dengan teknik peer dan self assessment yang layak digunakan dan efektif untuk mengukur sikap siswa terhadap pembelajaran kimia.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development/ R&D). yang mengadopsi pada model pengembangan 4-D (Four-D) yang dikembangkan Thiagarajan (1994)  dengan tahapan penelitian yang meliputi define, design, develop, dan dissemination. Uji validitas instrumen menggunakan validasi isi yang dilakukan oleh ahli instrumen. Analisis reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha cronbach. Hasil validasi dari validator menyatakan instrumen layak digunakan untuk mengukur sikap siswa terhadap pembelajaran kimia. Nilai reliabilitas instrumen penilaian afektif (attitude toward chemistry) pada kelas implementasi untuk kegiatan pembelajaran, kegiatan praktikum dan kehidupan sosial secara berturut-turut adalah 0,708; 0,73; 0,78. Hasil analisis keefektifan instrumen penilaian, secara klasikal lebih dari 75% siswa masuk dalam kategori sikap baik. Persentase ketuntasan tiap aspek juga lebih dari 75%. Berdasarkan hasil validasi, analisis reliabilitas dan keefektivan dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian afektif yang dikembangkan layak, baik dan efektif digunakan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##