Abstract

Hasil observasi awal diperoleh bahwa hasil belajar kognitif kimia sistem koloid siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pemalang tahun ajaran 2011/2012 yang mencapai ketuntasan sebanyak 115 siswa dari 160 siswa, hal ini disebabkan karena siswa beranggapan pelajaran kimia sulit dipahami sehingga siswa kurang termotivasi belajar. Siswa diharapkan lebih termotivasi dan aktif melalui pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing bervisi SETS. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling menentukan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan metode dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Uji hipotesis yang dilakukan adalah uji efektivitas pembelajaran. Hasil uji ketuntasan belajar individu kelompok eksperimen diperoleh thitung (12,97) > ttabel (2,22), artinya hasil belajar kelompok eksperimen ? 75 atau telah mencapai ketuntasan belajar. Hasil uji ketuntasan belajar klasikal kelompok eksperimen diperoleh sebanyak 37 siswa dari 40 siswa telah mencapai ketuntasan belajar, artinya keberhasilan kelas tercapai karena jumlah siswa yang tuntas belajar ? 34. Rata-rata hasil post test kelas eksperimen sebesar 89 dengan kriteria sangat efektif dan kelas kontrol sebesar 84 dengan kriteria efektif. Rata-rata nilai afektif kelas eksperimen sebesar 86 dengan kriteria sangat baik dan rata-rata nilai psikomotorik kelas eksperimen sebesar 88 dengan kriteria sangat baik. Simpulan dari penelitian ini pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing bervisi SETS efektif dalam meningkatkan hasil belajar koloid siswa kelas XI SMA N 2 Pemalang.