Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terintegrasi Cooperative Learning tipe STAD dengan SEM Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Asyfa Fuadi
Kasmadi Imam Supardi

Abstract

Pemahaman materi kimia dalam pembelajaran dan hasil belajar kimia siswa pada materi hidrolisis garam masih kurang optimal. Maka perlu adanya inovasi model pembelajaran yang dapat membuat hasil belajar menjadi lebih baik. Salah satu model pembelajaran yang digunakan yaitu discovery learning terintegrasi cooperative learning tipe STAD dengan SEM. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Pengaruh model pembelajaran discovery learning terintegrasi cooperative learning tipe STAD dengan SEM memberikan pengaruh sebesar 25,60 % dengan ketuntasan klasikal mencapai 81%. Besar peningkatan hasil belajar kelas eksperimen berdasarkan uji N-gain sebesar 0,54 dan termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis angket respon siswa terhadap model pembelajaran menunjukan bahwa siswa memberikan respon yang positif mengenai model pembelajaran yang diterapkan. Hasil ini menunjukan penerapan model pembelajaran discovery learning terintegrasi cooperative learning tipe STAD dengan SEM meningkatkan hasil belajar siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##