Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan e-LKPD Materi Hidrolisis Garam terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fatin Atikah Nata Sya'idah
Nanik Wijayati
Murbangun Nuswowati
Sri Haryani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model blended learning berbantuan e-LKPD terhadap hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam di SMA Negeri 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan posttest only control group design. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan hasil diperoleh kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t, hasil analisis menunjukkan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hasil belajar psikomotorik menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen tidak berbeda dengan kelas kontrol karena variabel yang digunakan tidak berpengaruh terhadap kegiatan belajar psikomotorik peserta didik. Hasil belajar afektif menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model blended learning berbantuan e-LKPD berpengaruh meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif peserta didik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>