PENGEMBANGAN KOMIK KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CET (CHEMO-EDUTAINMENT)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik kimia berbasis CET (Chemo-edutainment) sebagai media pembelajaran inovatif bagi siswa SMA. Dalam penelitian ini pengembangan media komik kimia divalidasi dan diuji coba dalam skala kecil dan skala besar. Data hasil belajar siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dikumpulkan menggunakan metode tes dan observasi dengan lembar pengamatan. Dari data yang diperoleh besarnya pengaruh media komik kimia terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa masing-masing adalah 38,03% dan 22,17%. Pada aspek afeksi dan psikomotorik terdapat perbadaan rata-rata hasil belajar yang cukup signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan hasil belajar ini disebabkan karena penggunaan media pembelajaran komik kimia dapat menarik perhatian siswa untuk belajar dan membuat suasana belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Dengan suasana belajar yang menyangkan siswa tidak akan mudah merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan media komik terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa, sehingga guru kimia diharapkan dapat menggunakan media komik kimia dalam pembelajaran kimia pada materi pokok termokimia untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa.