PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Min Zahrotil Umami
Sri Rejeki
Harjito Harjito
Sudarmin Sudarmin

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar afektif, keterampilan generik sains, dan kognitif siswa X MIA 3 SMA 1 Bae Kudus menggunakan metode cooperative learning tipe teams games tournament. Penelitian terlaksana tiga dari tiga siklus yang direncanakan. Keberhasilan pembelajaran diukur berdasarkan data observasi, angket, wawancara dan tes. Data yang dihasilkan dianalisis menggunakan teknik persentase, rata-rata klasikal, rasio ketuntasan klasikal, dan N-gain. Hasil capaian pada siklus I, II dan III meliputi : a) aspek N-gain keterampilan generik sains siswa yaitu 0,53, 0,71, dan 0,71, b) aspek aktivitas siswa sebesar 87%, 89% dan 92%, c) aspek afektif siswa berdasarkan observasi sebesar 83%, 89%, menjadi 92%, d) aspek afektif siswa berdasarkan penilaian diri dan penilaian sejawat yaitu 89%, 90%, menjadi 91%, d) Rata-rata klasikal yaitu 67,09, 73,84, dan 75,84, dan e) rasio ketuntasan hasil belajar klasikal yaitu 15/32, 17/32, dan 24/32. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode cooperative learning tipe teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa kelas X MIA 3 SMA N 1 Bae Kudus.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Bukunola, B.-A.J. & Idowu, O.D., 2012. Effectiveness of cooperative learning strategies on nigerian junior secondary students' academic achievement in basic science. British Journal of Education, 2(3): 307-25.
Ekawati, E., Sugiharto & Susilowati, E., 2013. Efektivitas metode pembelajaran TGT (Team Games Tournament) yang dilengkapi dengan media powerpoint dan destinasi terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1): 80-84.
Johnson, D.W. & Johnson, R.T., 2009. An educational psychology succes story: social interdependence theory and cooperatrive learning. Educational Researcher, 38(5): 365-79.
Karimah, R.F., Supurwoko & Wahyuningsih, D., 2014. Pengembangan media pembelajaran ular tangga fisika untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika , 2(1): 6-10.
Saptorini, 2008. Peningkatan keterampilan generik sains bagi mahasiswa melalui perkuliahan praktikum kimia analisis instrumen berbasis inkuiri. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1): 190-98.
Sudjana, N., 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.
Sumantoro, T. & Joko, 2013. Pengembangan perangkat pembelajaran metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2): 779-85.
Trianto, 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Widiati, S.I., Indrawati & Subiki, 2013. Peningkatan keterampilan generik sains dan hasil belajar IPA fisika dengan model Learning Cycle 5E disertai metode eksperimen pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Maesan. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(3): 300-08.
Wyk, M.M.v., 2011. The effects of team games tournaments on achievement, retention, and attitudes of economics education students. J Soc Sci, 26(3): 183-93.