PENERAPAN CHEMISTRY WEB DENGAN PENDEKATANCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGMATERI LAJU REAKSI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anggun Zuhaida
Eko Budi Prasetyo
Saptorini Saptorini

Abstract

Proses pembelajaran kimia di SMA cenderung masih bersifat teoritik yangmenyebabkan siswa jarang memanfaatkan fasilitas internet gratis (wifi) yangtersedia di sekolah, oleh sebab itu diperlukan pendekatan serta mediapembelajaran yang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh penggunaan media chemistry web dengan pendekatancontextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar materi pokok lajureaksi. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA di SMAN 3Semarang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster randomsampling dan terpilih kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang mendapatperlakuan dengan menggunakan media chemistry web dengan pendekatan CTL,dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional danmedia powerpoint. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes,observasi dan angket. Uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi biserial dankoefisien determinasi dan diperoleh rb 0,65 dengan besarnya kontribusi 42,11%.Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media chemistry webdengan pendekatan CTL berpengaruh terhadap hasil belajar materi pokok lajureaksi siswa kelas XI IPA SMAN 3 Semarang dengan kontribusi 42,11%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Irawati, Ratih. 2007. Penerapan Pendekatan CTL(Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Koloid Siswa Kelas XI SMA N 1 Kendal. Skripsi: tidak diterbitkan. Semarang: Program Studi
Pendidikan Kimia, FMIPA Unnes.
Nurhadi, Agus Gerrad Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBKMalang: Universitas Negeri Malang.
Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian. Bandung CV ALFABETA.
Sutisna, Nia. 2008. E-Learning (Electronic Learning) Makalah tidak diterbitkan. Bandung: Pendidikan Luar Sekolah, Pasca Sarjana UPI.
Yunianingrum, Evi. 2008. Pengaruh Penggunaan Media Flow Chart dengan Pendekatan Konstekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Pokok Materi Stoikiometri. Skripsi: tidak diterbitkan. Semarang: Program Studi Pendidikan Kimia, FMIPA Unnes