EFEKTIVITAS PENDEKATAN SCIENCE TECHNOLOGY LITERACY (STL) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pendekatan ScienceTechnology Literacy (STL) pada materi pokok larutan penyangga dan hidrolisisdalam mengefektifkan hasil belajar siswa. Seluruh siswa kelas XI IA SMA Negeri1 Bojong sebagai populasi dalam penelitian ini dengan sampel yang terpilihsecara acak yaitu XI-IA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IA-2 sebagaikelas kontrol. Rancangan penelitian menggunakan control group pre test-post testdesign. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu metodedokumentasi untuk memperoleh analisis tahap awal, metode tes untukmendapatkan hasil belajar aspek kognitif, dan metode observasi untukmendapatkan data hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa kisaran rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu74,38-79,56 sedangkan pada kelas kontrol 67,73-72,91, dengan ketuntasanklasikal 94,29% pada kelas eksperimen dan 55,88% pada kelas kontrol. Gainternormalisasi yang diperoleh pada kelas eksperimen adalah 0,66 sedangkan padakelas kontrol adalah 0,57. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwapendekatan Science Technology Literacy (STL) dapat mengefektifkan hasilbelajar siswa kelas XI IA materi pokok larutan penyangga dan hidrolisis di SMANegeri 1 Bojong.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Anonim. 2005. Model bimbingan efektif calon guru IPA. Diunduh di http://pustaka.ut.ac.id/puslata/pdf/70072.pdf pada 1 Juni 2010
Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik edisi VI. Jakarta: Rineka Cipta
Dasuki, M.A. 1995. Studi tentang literasi sains dan teknologi mahasiswa PGSD serta hubungannya dengan hasil belajar IPA di semester I tahun akademik 1994/1995 di FKIP Universitas Negeri Lampung. Skripsi. Lampung : FKIP Universitas Negeri
Lampung.
Depdiknas. 2003. Kurikulum dan standar kompetensi mata pelajaran kimia 2004. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Hernani. 2009. Membelajarkan konsep sains-kimia
dari perspektif social untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 13.
Nurrohman, S. Tanpa tahun. Penerapan pendekatan sains-teknologi-masyarakat (stm) dalam pembelajaran IPA sebagai upaya peningkatan life skills peserta didik. Yogyakarta : FMIPA UNY.
Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik edisi VI. Jakarta: Rineka Cipta
Dasuki, M.A. 1995. Studi tentang literasi sains dan teknologi mahasiswa PGSD serta hubungannya dengan hasil belajar IPA di semester I tahun akademik 1994/1995 di FKIP Universitas Negeri Lampung. Skripsi. Lampung : FKIP Universitas Negeri
Lampung.
Depdiknas. 2003. Kurikulum dan standar kompetensi mata pelajaran kimia 2004. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Hernani. 2009. Membelajarkan konsep sains-kimia
dari perspektif social untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 13.
Nurrohman, S. Tanpa tahun. Penerapan pendekatan sains-teknologi-masyarakat (stm) dalam pembelajaran IPA sebagai upaya peningkatan life skills peserta didik. Yogyakarta : FMIPA UNY.