Pengembangan Tes Four Tier Multiple Choice (4TMC) untuk Mendeteksi Miskonsepsi Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nila Agustia Fatimatul Hidayah
Sigit Priatmoko
Sri Wardani
Sri Nurhayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes four-tier multiple choice (4TMC) yang dapat mendeteksi miskonsepsi peserta didik pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini bermanfaat sebagai pertimbangan ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model 4-D yang telah dimodifikasi dengan menghilangkan tahap disseminate dan menyisakan tahap define, design, serta development. Naskah soal awal terdiri atas 30 butir soal tes 4TMC. Naskah soal akhir setelah dilakukan uji coba skala  kecil dan analisis data terdiri atas 13 butir soal tes 4TMC. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, soal yang dikembangkan dinyatakan valid secara global, reliable dengan nilai sebesar 0,980, serta memiliki karakteristik yang baik. Miskonsepsi peserta didik pada materi hidrolisis garam terjadi pada semua indikator butir soal dengan rata-rata sebesar 39,83%. Miskonsepsi tertinggi sebesar 51,52% dan terendah sebesar 24,24%. Sebanyak 33 peserta didik mengalami miskonsepsi dengan rata-rata sebesar 40,09%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa soal yang dikembangkan dapat digunakan untuk mendeteksi miskonsepsi peserta didik pada materi hidrolisis garam dan profil miskonsepsi peserta didik ditemukan pada setiap indikator butir soal. Maka, guru perlu melakukan pembelajaran remedial untuk memperbaiki konsepsi peserta didik pada materi hidrolisis garam.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>