MODEL PEMBELAJARAN BERVISI SETS MELALUI DISKUSI FISH BOWL MENGGUNAKAN ARTIKEL KIMIA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anisa Sholikhati
Titi Wahyukaeni
Achmad Binadja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh modelpembelajaran bervisi SETS melalui diskusi fish bowl menggunakan artikel kimiaterhadap hasil belajar asam-basa kelas XI SMA N 1 Jekulo Kudus. Populasipenelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA N 1 Jekulo Kudus tahun pelajaran2010/2011, sedangkan sampel penelitian siswa kelas XI IPA-3 sebagai kelaseksperimen dan kelas XI IPA-4 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian diambildengan teknik purposive sampling.Metode yang digunakan dalam pengambilandata adalah dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Berdasarkan analisis data,pengaruh model pembelajaran bervisi SETS melalui diskusi fish bowlmenggunakan artikel kimia terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan denganangka korelasi 0,46 dan memiliki pengaruh sebesar 21,24%. Pengaruh terhadapaspek afektif dan psikomotorik juga ditunjukkan secara deskriptif melalui hasilrata-rata nilai kelas eksperimen yang lebih baik dari pada kelas kontrol. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran bervisi SETS melaluidiskusi fish bowl menggunakan artikel kimia memberikan pengaruh positifterhadap hasil belajar siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi VI. Jakarta: Rineka Cipta
Dianto. 2008. Pengaruh Penggunaan Ular Tangga Redoks sebagai Media ChemoEdutainment Bervisi SETS terhadap Hasil
Belajar Siswa SMA Kelas X Semester II Tahun 2007/ 2008. Skripsi. Semarang: Jurusan Kimia FMIPA UNNES.
Mariani, Scolastika. 2008. Kurikulum Bervisi SETS. Diunduh darihttp://www.marianiscolastika.blogspot.com/kurikulum-bervisisets/. diunduh tanggal 10 April 2010.
Muawanah, Siti. 2008. Pembelajaran Kimia Bervisi SETS untuk Merangsang Pengembangan Kegiatan Pembelajaran Produktif di MAN.Skripsi.Semarang: Jurusan Kimia FMIPA UNNES.
Priatiningsih, Titi.(2005).Implementasi Pembelajaran Bioteknologi Berwawasan SETS untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Kemampuan Akademik yang Berorientasi
Life Skill pada Siswa SMA 6 Semarang. Jurnal Pendidikan Iswara Manggala.Volume I No. 6 Desember 2005. ISSN 1907- 0810. Hal 5- 15.
Smulders, F., R. V. Lugt, & D. Snelders. 2004.Teaching Theoretical Concepts to Large Groups of Design Students Using Fish Bowl Ssessions.International Engineering and Product Design Education Conference. 2-3 September 2004. Delft The Netherlands.Diunduh dariwww.tudelft.nl/live/binaries/.../PaperS
muldersLugtSneldersfinal.pdf tanggal 10
April 2010.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suprijanto.2007. Pendidikan Orang Dewasa.Jakarta: Bumi Aksara.