Pengaruh Penerapan Metode Predict-Observe-Explain dengan Pendekatan Creative Problem Solving

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hapsari Rifka Nurliana
Nurwachid Budi Santoso
Kusoro Siadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh penerapan metode probex dengan pendekatan CPS terhadap hasil belajar materi pokok hidrolisis siswa kelas XI IPA SMA 4 Magelang tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini kelas XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling menghasilkan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi biserial dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif kelompok eksperimen sebesar 82.47 sedangkan kelompok kontrol sebesar 77.53. Besarnya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif sesuai dengan koefisien korelasi biserial sebesar  0,47 dan koefisien determinasi sebesar 22.09% dengan kriteria pengaruh sedang. Pengaruh terhadap aspek afektif dan psikomotorik ditunjukkan secara deskriptif melalui rata-rata nilai kelompok eksperimen yang lebih baik dari pada kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa metode probex dengan pendekatan CPS pada pencapaian kompetensi hidrolisis berpengaruh pada hasil belajar siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ada pengaruh penerapan metode probex dengan pendekatan CPS terhadap hasil belajar materi pokok hidrolisis siswa SMA 4 Magelang. Besarnya pengaruh pembelajaran tersebut sebesar 22,09%. Hasil belajar kognitif materi pokok hidrolisis pada siswa dengan pembelajaran ini telah mencapai ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,75%. Nilai rata-rata hasil belajar afektif siswa pada pembelajaran metode probex dengan pendekatan CPS sebesar 80,94 dengan kategori sangat baik, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar psikomotorik siswa sebesar 78,80 dengan kategori baik.
Daftar Pustaka
Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Ibrahim, R & Syaodah, N. 2003. Perencanaan pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Joyce, C. 2006. Predict-observe-explain. Diunduh di http://arb.nzcer.org.nz/strategies/poe.php tanggal 16 April 2011
Karen, P. 2004. Creative probem solving in math. Diunduh di www.uh.edu tanggal 16 April 2011
Nasution. 2000. Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Nugroho, I. 2008. Laporan hasil belajar. Diunduh di http://www.smkypk-bontang.sch.id/index.php?option=com tanggal 16 April 2011
Sugiyono. 2007. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Most read articles by the same author(s)